BangkaPos/

Rudianto Tjen: 500 Penderita Katarak Harus Dioperasi Semua

Rudianto Tjen mengaku sangat bahagia melihat antusiasme masyarakat berkenan dibantu PDI Perjuangan

Rudianto Tjen: 500 Penderita Katarak Harus Dioperasi Semua
bangkapos.com/Idandi Meika Jovanka
Rudianto bertemu satu diantara warga yang disembuhkan kataraknya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Anggota DPR RI, Rudianto Tjen mengaku sangat bahagia melihat antusiasme masyarakat berkenan dibantu PDI Perjuangan dalam membrantas katarak. Bahkan, jumlah pesertanya lebih banyak dibandingkan hari pertama. Mulanya, TIM memperkirakan 350 orang tetapi menjelang hari kedua terdata sekitar 500 orang.

“Kita memperkirakan 350 peserta, sehingga lensa yang di sediakan hanya 350. Tapi jumlah penderita katarak yang antusias di operasi melonjak sekitar 500 orang. Sehingga, nanti ada pantia dari Jakarta membawa langsung lensa sebanyak 150 unit supaya operasi terus dilaksanakan,” ujar Rudianto

Rudianto memastikan operasi katarak ini pasti dituntaskan sebab ia berita-cita seluruh pasien harus di operasi. Ia sangat menghimbau kepada Panitia jangan ada masyarakat yang di tolak operasi, kecuali mereka memiliki kondisi tidak memungkinkan.

Koordinator Kesehatan Rudi Center, Dokter Mika menilai Rudi Center sangat antusias melaksanakan bakti sosial secara berkelanjutan sejak 2006 guna membrantas kebutaan di Bangka Belitung. Sebab, hal itu sangat mengganggu produktivitas masyarakat. Ia mengatakan operasi katarak saat ini merupakan terbesar dan terbanyak di bandingkan sebelumnya, mencapai 500 pasien.

Berbicara perihal perlengkapan dipastikan modern dan tidak menggunakan benang. Sebab, alat yang dipakai berupa laser mampu menjernihkan mata hanya 5 menit. Penggunaannya sangat membantu Rudi Center mencapai target lebih cepat. Hanya 20 orang tidak bisa di operasio karena kondisi tidak memungkinkan.

“Ada dua jenis katarak dan paling sukar diobati jika di bawah dari lahir. Tapi bisa di cegah dengan gaya hidup sehat dan baik, seperti keluar saat siang baiknya menggunakan kacamata hitam dan konsumsi makanan sehat,” ujar Dokter Mika.

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help