BangkaPos/

Ketua DPRD Desak Gubernur Babel Cabut Izin Tambang di Laut Belitung

Aliansi Solidaritas Nelayan Pulau Belitung bersatu mendatangi Kantor DPRD Babel terkait keberadaan tambang di perairan Belitung.

Ketua DPRD Desak Gubernur Babel Cabut Izin Tambang di Laut Belitung

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Aliansi Solidaritas Nelayan Pulau Belitung bersatu mendatangi Kantor DPRD Bangka Belitung, Senin (13/11).

Kedatangan mereka terkait keberadaan tambang di perairan Belitung dan rencana adanya zonasi tambang.

Hadir dalam audiensi tersebut Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya, Wakil Ketua Amri Cahyadi serta 8 anggota DPRD Babel dari Dapil Belitung.

Sementara rombongan hadir perwakilan nelayan Belitung dan Belitung Timur, Gapabel, Ikatan Keluarga Pelajar Belitung (IKPB) dari Bangka, Bandung dan Belitung serta elemen masyarakat lainnya.

Dalam tuntutannya mereka meminta DPRD Babel menindaklanjuti tuntutan dengan mencabut izin tambang yang ada di Perairan Belitung. Kemudian, dalam perda zonasi untuk tidak memasukkan Belitung sebagai kawasan tambang.

Dalam audiensi tersebut, Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya mengatakan DPRD Babel tak memiliki kewenangan untuk mencabut izin tambang. Tapi dia sepakat dan setuju untuk merekomendasikan ke Gubernur Babel untuk mencabut izin tambang di Perairan Belitung.

"Saya akan surati Gubernur secepatnya. Saya akan minta untuk segera dicabut dan dihentikan sementara ini. Saya tidak mau lagi minta ke Gubernur untuk meninjau izinnya. Kalau ditinjau terus kapan selesainya," ujar Didit Srigusjaya.

Terkait dengan pembentukan panitia khusus atau pansus tambang, Didit pun menyetujuinya.

Dia yang mengaku anti tambang ini mengatakan akan membentuk pansus tambang setelah adanya pertemuan langsung dengan gubernur.

"Nanti saya akan bawa ke banmus untuk membentuk pansus. Tapi sebelumnya kita tunggu pertemuan dengan Gubernur tanggal 27 November nanti. Semuanya yang ada disini saya harapkan hadir bertemu langsung dengan gubernur. Kita minta izin tambang di Belitung dicabut dan tidak ada zonasi tambang di Perairan Belitung," jelas Didit.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help