BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

SPSI Usulkan Dewan Pengupahan Lakukan Survei Hidup Layak

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bangka mengusulkan kabupaten bisa mengajukan melalui dewan pengupahan

SPSI Usulkan Dewan Pengupahan Lakukan Survei Hidup Layak
bangkapos.com/Nurhayati
Thony Marza 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Perdagangan Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bangka mengusulkan kabupaten bisa mengajukan melalui dewan pengupahan dan dapat melaksanakan survei hidup layak untuk kabupaten/kota.

Dengan demikian masukan tersebut dapat berguna bagi penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun yang akan datang.

"Tadi kita rapat dengan SPSI, APEKSI dan APINDO cuma tadi kebetulan dari APINDO berhalangan hadir. Tadi dibahas beberapa hal yang pertama mengenai UMP. Sudah dijelaskan bahwa untuk Kabupaten Bangka tahun ini kita tetap ngikut dengan UMP tersebut. Sesuai dengan peraturan pemerintah UMP kewenangan provinsi untuk mengatur. Namun berdasarkan hasil musyawarah tripartit pada tahun 2014, tahun 2015 dulu mengingat rata-rata kota dan kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hampir sama karakteristiknya maka cukup satu UMP saja yang disusun. Maka kabupaten kota tidak lagi menyusun UMK," jelas Thony kepada bangkapos.com, Selasa (14/11/2017) di Kantor Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Perdagangan Kabupaten Bangka.

Selain itu juga dibahas mengenai persoalan hubungan industrial yang ada di Kabupaten Bangka. Menurutnya beberapa permasalahan sudah diselesaikan secara bipartit dengan perusahaan dan tenaga kerja yang ada permasalahan dengan perusahaannya. Namun ada juga yang berlanjut ke tingkat peradilan.

"Harapan kita sedapat mungkin kondisi hubungan industrial ini dapat mantap artinya tidak begitu berat juga untuk perusahaan namun juga kewajiban terhadap para pekerja sedikit banyak dapat terakomodir untuk kebutuhan hidup layak seperti yang sudah dimasukkan dalam elemen UMP itu sendiri," harap Thony.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help