Ini Alasan Pemkab Belitung Berikan Modal Miliaran ke BUMD PT Belitong Mandiri

Bupati Belitung Sahani Saleh menjabarkan alasan Pemkab Belitung menanamkan modal Rp 1,250 milyar kepada PT Belitong Mandiri

Ini Alasan Pemkab Belitung Berikan Modal Miliaran ke BUMD PT Belitong Mandiri
bangkapos.com/dok
Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh menjabarkan alasan Pemkab Belitung menanamkan modal Rp 1,250 milyar kepada PT Belitong Mandiri dalam rapar paripurna agenda jawaban eksekutif terhadap tiga Raperda, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya kebijakan tersebut didasarkan kesepakatan antara Pemkab Belitung dengan Kemenpar untuk merealisasikan penerbangan langsung Internasional ke Singapura.

"Melihat dari aspek hukum dan administrasi kepemerintahan, kebijakan penyertaan modal kepada BUMD merupakan skema yang paling tepat untuk mewujudkan direct flight ini," ujar Sanem.

Ia menjelaskan, dalam kerjasama tersebut Kemenpar bersedia menanggung setengah dari pembiayaan charter dengan syarat sisanya bersedia ditanggung Pemkab Belitung.

Namun terdapat hal yang menjadi kendala, yaitu keterbatasan ruang gerak pemda sebagai institusi pemerintah yang tidak mungkin melakukan perikatan kerjasama business to business (B to B) dengan swasta (maskapai penerbangan).

"Jadi diputuskan untuk mendorong BUMD untuk melakukan kerjasama B to B dengan maskapai. Tapi sebelumnya sudah disepakati bersama Kemenpar kalau setengah biayanya disertakan sebagai modal kepada BUMD," jelasnya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help