Masih Terdapat Ribuan Pekerja di Belitung Terima Gaji Dibawah UMP

Itu ada 1000 orang lebih. Kami profesional, dan kami melihat situasi kerja mereka. Kami akui itu masih banyak yang dibawah UMP

Masih Terdapat Ribuan Pekerja di Belitung Terima Gaji Dibawah UMP
Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Wiliyadi. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Wiliyadi tidak memungkiri, bahwa masih banyak pemberi kerja yang belum menerapkan PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Sehingga upah yang diterima oleh pekerja masih jauh dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Itu ada 1000 orang lebih. Kami profesional, dan kami melihat situasi kerja mereka. Kami akui itu masih banyak yang dibawah UMP, tapi kami terus berupa menginformasikan tentang PP 78 tersebut," kata Wiliyadi kepada posbelitung.com, Rabu (15/11/2017).

Mayoritas di toko gerasi, pekerja warung kopi hanya menerima upah sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta perbulan. Terdapat sekitar 1000 orang pekerja lebih yang kini masih belum layak mendapatkan upah dari pekerjaan mereka.

Kata Wiliyadi, mereka hanya bisa memberi saran dan menghimbau kepada pemberi kerja untuk bisa memberi upah sesuai dengan PP nomor 78 tahun 2015.

"Tapi terkadang susah juga, melihat kondisi pekerjaan. Kalau kami paksakan, keuangan pemberi kerja tidak mampu ya ujung-ujung nya bangkrut, di PHK pekerja. Tapi kami terus mengusahakan itu, apalagi perusahaan sudah menampung pekerja diatas 10 pekerja," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved