Santri Diniyah Takmiliyah Babel Siap Berlaga di Jawa Timur

Madrasah Diniyah Takmiliyah sangat potensial dalam membangun nilai-nilai pendidikan dasar keagamaan Islam.

Santri Diniyah Takmiliyah Babel Siap Berlaga di Jawa Timur
Ist
Santri Diniyah Takmiliyah Babel siap berlaga di Jawa Timur 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Keberadaan Madrasah Diniyah Takmiliyah menjadi sangat penting perannya dalam upaya membangun karakter Bangsa. Di lain sisi Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai lembaga pendidikan keagamaan Islam diharapkan mampu untuk mempertahankan eksistensinya di tengah kemajemukan dan kemajuan budaya.

Perkembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah sejauh ini secara kuantitatif mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan jumlah lembaga 73.000, 363.000 guru, dan 4.231.201 santri (sumber Kemenag RI).

Baca: Miris, Sekolah Ini Bertahan Hanya dari Dana Serikat Kematian

Hal itu menjadikan posisi Madrasah Diniyah Takmiliyah sangat potensial dalam membangun nilai-nilai pendidikan dasar keagamaan Islam.

Sementara itu, untuk menunjukkan eksistensinya maka setiap dua tahun sekali digelar Porsadin atau pekan olahraga dan seni antar diniyah.

Porsadin kali ini masuk yang ke III (tiga) tingkat nasional akan berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 19 November 2017, di Taman Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan Jawa Timur.

Sebanyak 51 orang terdiri dari 32 peserta lomba dan tambah para official dan pelatih dari Provinsi Bangka Belitung akan berlaga disana.

Ada sebelas cabang lomba yang akan dilagakan, di antaranya lomba Tahfidz, Cerdas Cermat, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, Murattal wal’Imla’, Atletik, Puisi Islami, Futsal, Qira’atul Kutub (Safinatun Najah), dan Tenis Meja.

Dua tahun lalu, Babel berhasil membawa piala juara dua Nasional di cabang lomba Futsal dan juara di lomba Kaligrafi.

Gubernur Bangka Belitung yang di wakili Kakanwil Kemenag Bangka Belitung Dr. H. Muhamad Ridwan,MM, menyampaikan bahwa Point utama dari event ini adalah silaturahmi nasional dari 28 provinsi di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved