Tradisi Rebo Kasan Tetap Lestari di Desa Air Nyatoh

Desa Air Nyatoh, melakoni tradisi dan pesta adat Rebo Kasan di pantai ketapang desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip

Tradisi Rebo Kasan Tetap Lestari di Desa Air Nyatoh
bangkapos.com/Anthoni
Wakil Bupati Babar Markus saat menghadiri tradisi dan pesta adat Rebo Kasan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Desa Air Nyatoh, melakoni tradisi dan pesta adat Rebo Kasan di pantai ketapang desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Tradisi dan pesta adat Rebo Kasan diselenggarakan tiap minggu terakhir bulan syafar yang bertujuan sebagai wujud meminta keselamatan atau tolak bala kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tradisi tahunan tersebut dihadiri Wakil Bupati Babar Markus, Kapolsek Simpang Teritip Ipda Kukuh, Asisten II Rozali, Kepala Desa Air Nyatoh, tokoh masyarakat dan tokoh ada setempat.

Markus pada kesempatan itu mengapresiasikan semangat warga Desa Air Nyatoh yang terus mempertahankan dan melestarikan budaya dan adat istiadat semacam ini.

" Kami pemerintah daerah salut dan memberikan apresiasi setinggingi-tingginya, karena sampai saat ini warga Air nyatoh masih exis dalam mepertahankan tradisi Rebo Kasan ini," ujar Markus, Rabu (15/11/2017)

Dikatakan Markus tradisi dan pesta ada Rebo Kasan ini dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kreasi masyarakat desa air nyatoh serta menjadi salah satu aset pariwisata di bangka barat, dan dapat menjadi agenda tahunan.

" Adat istiadat semacam ini bisa menumbuhkan kreasi dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Selain aset tradisi ini juga bisa dimasukkan kedalamam agenda tahunan pemkab," harapnya.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved