Apa Itu Perayaan Rebo Kasan di Desa Air Anyir, Begini Penjelasannya

Ritual adat ini sangat menarik yang rutin dilakukan masyarakat Air Anyir Kabupaten Bangka setiap hari Rabu terakhir bulan Shafar.

Apa Itu Perayaan Rebo Kasan di Desa Air Anyir, Begini Penjelasannya
IST
Upacara adat Rebo Kasan dilaksanakan masyarakat Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (15/11/17) di Halaman Masjid Farhan Kamal 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perayaan Rebo Kasan merupakan salah satu perayaan ritual adat yang dilaksanakan masyarakat Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ritual adat ini sangat menarik yang rutin dilakukan masyarakat Air Anyir Kabupaten Bangka setiap hari Rabu terakhir bulan Shafar.

Mereka beramai-ramai melakukan upacara Rebo Kasan. Tujuannya adalah untuk menolak bala dan memanjatkan doa untuk diberikan keselamatan.

Upacara Rebo Kasan merupakan upacara adat yang dilakukan sebagai simbol untuk menolak bala. Acara ini rutin dilakukan oleh masyarakat di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Bangka.

Biasanya, Rebo Kasan diselenggarakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Shafar penanggalan hijriah.

Nama Rebo Kasan diambil dari kata Rebo Kasat yang berarti Rabu terakhir di bulan Shafar.

Upacara Rebo Kasan sudah dilaksanakan sejak abad keenambelas dan kemudian diturunkan ke generasi berikutnya sampai dengan sekarang ini.

Pada masa itu, nenek moyang masyarakat Air Anyir biasanya melaksanakan shalat sunnah empat rakaat dengan membaca satu kali Al Fatihah, Al Kautsar sebanyak 17 kali, Al Ikhlas sebanyak lima kali, Al Falaq dan An Nas satu kali pada tiap-tiap rakaatnya.

Kemudian, mencabut dua helai daun kelapa dari ketupat yang dihanyutkan ke laut. Hal Ini menyimbolkan bahwa bencana sudah dibuang ke laut.

Tradisi ini terus dijalankan hingga sekarang, namun dengan beberapa perubahan.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved