Ini Mom, Cara Ngemil yang Tidak Bikin Gemuk

Kenyataannya tidak seluruh camilan berbahaya bagi tubuh. Kebanyakan orang punya pola makan yang tidak tepat.

Ini Mom, Cara Ngemil yang Tidak Bikin Gemuk
nakita
Ini cara ngemil yang tidak bikin gemuk

BANGKAPOS.COM-- Beberapa orang sangat menjauhi camilan. Hal tersebut memang sesuai dengan studi Journal of Nutrition yang mengatakan bahwa seperempat dari kalori yang kita makan berasal dari camilan. Lalu, apakah kita harus berhenti ngemil?  Adakah cara ngemil yang tidak bikin gemuk?

Kenyataannya tidak seluruh camilan berbahaya bagi tubuh. Kebanyakan orang punya pola makan yang tidak tepat. Pada pagi hari mereka cenderung mengonsumsi kopi atau bahkan tidak mengonsumsi apapun. Sementara pada siang hari karena sibuk bekerja cenderung mengambil makanan instan atau junk food. Pada malam hari akan banyak makan setelah seharian lelah bekerja.

Dengan pola makan tersebut, sebaiknya Mama perlu camilan sebab otak membutuhkan makanan untuk fokus berpikir dan mendapatkan energi untuk itu. Seorang ahli gizi, Mike Roussel, Ph.D., mengatakan bahwa ia selalu merekomendasikan camilan antara waktu makan siang dan makan malam sebab pada masa ini tubuh akan banyak beraktivitas dan memungkinkan kehilangan kalori.

Beberapa penelitian pun merekomendasikan bahwa porsi makan yang sedikit akan membuat Mama jadi lebih cepat mengalami penurunan berat badan. Saat makan, metabolisme akan meningkat dan membuang banyak kalori.

Sehingga semakin sering makan, metabolisme akan semakin meningkat. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk mengonsumsi camilan tinggi protein untuk mengekang nafsu makan dan membuat kenyang jadi lebih lama.

Metode inilah yang jarang dilakukan oleh banyak orang. Protein yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya dapat menjadi energi tetapi juga mendukung pertumbuhan otot. Sehingga, protein yang masuk tidak hanya menjadi lemak semata. Untuk itu, Mama perlu mempertimbangkan makanan kaya protein untuk menjadi menu camilan.

Telur menjadi bahan makanan yang bisa menjadi cara ngemil yang tidak bikin  gemuk. Mama bisa merebusnya untuk mengindari penggunaan minyak.  Protein dalam telur merupakan protein sempurna untuk energi dan mencegah rasa lapar. Aneka kacang-kacangan seperti edamame juga bisa menjadi rekomendasi camilan. Protein yang terkandung dalam edamame setara dengan protein di dalam ayam.

Editor: khamelia
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help