Video : Warga Genas Minta Agar Saluran Air Tidak Dicor "Mati"

(Saluran air) ni lah yang nama e pintu air. Kalau di sini tersumbat maka RT 02 RT 01 bajir. Kami minta kalau saluran air

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Warga RT 02 Gedung Nasional Pangkalpinang, siang Jumat (17/11) melakukan gotong royong membersihkan saluran air di seberang kantor Bangka Pos.

Saluran air ini ditutup dengan penutup besi sehingga mempermudah warga melakukan pengurasan sampah yang terhambat di saluran air.

Saluran air tampak setinggi bahu orang dewasa, Ketua RT 02 Gedung Nasional, Andri mengatakan semula sampah yang tertambat di saluran air setinggi setengah meter.

Saat dibersihkan aroma menyengat pun tercium dari saluran air dan tampak air berwarna hijau pekat.

Gotong royong warga yang dibantu Kamtibmas dan Babinsa sampai harus menggunakan mesin broder dan palu godam.

Dari sampah yang diangkat terlihat banyak sampah plastik, kayu dan batu yang selama ini menyumbat aliran air.

"(Saluran air) ni lah yang nama e pintu air. Kalau di sini tersumbat maka RT 02 RT 01 banjir. Kami minta kalau saluran air jangan dicor mati tapi ditutup pakai besi saja dan bisa dibuka jadi gampang dibersihkan. Warga pun jangan buang sampah sembarangan," harap Andri yang terkejut saat menemukan tumpukan pampers dalam saluran air, Jumat (17/11).

Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Gedung Nasional, Muhammad Isa menjelaskan gotong royong ini merupakan inisiatif masyarakat mengingat akhir tahun ini masuk musim penghujan.

Dikatakannya melihat pengalaman lalu saluran air yang tak lancar mengakibatkan banjir di tiga kelurahan sekaligus mulai dari Kelurahan Gedung Nasional (Genas), Batin Tikal dan Rawa Bangun.

"Kalau tunggu (tindakan) dari pemerintah lama, maka kita gotong royong sekarang ini. Kita mencari solusi penyebab banjir, setelah kami selidiki penyebabnya dari bandar yang terhambat sampah sehingga air gak lancar,"jelasnya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved