Tahun 2010 Balai Karantina Pernah Musnahkan Barang Ilegal

Drh Syaifudin Zuhri mengatakan pemusnahan media HPHK dan OPTK ilegal sudah dua kali dilakukan.

Tahun 2010 Balai Karantina Pernah Musnahkan Barang Ilegal
bangkapos.com/Dede Suhendar
Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Drh Syaifudin Zuhri beserta tamu undangan melihat barang ilegal hasil sitaan yang akan dimusnahkan, Selasa (21/11/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kepala Balai Karantina Kelas II Pangkalpinang Wilker Bandara H AS Hananjoedin Buluh Tumbang Drh Syaifudin Zuhri mengatakan pemusnahan media HPHK dan OPTK ilegal sudah dua kali dilakukan.

Sebelumnya sekitar tahun 2010, pihaknya pernah memusnahkan seekor babi. Dalam kurun waktu tujuh tahun berikutnya, Balai Karantina kembali memusnahkan barang ilegal sitaan selama 2017.

"Dulu tahun 2010 kami pernah musnahkan seekor babi dan kalau yang ini sitaan dari Februari-12 Nopember tahun ini," ujar Syaifudin saat ditemui posbelitung.com, Selasa (21/11/2017).

Ia menjelaskan, untuk prosedur pengiriman hewan dan tumbuhan, dua hari sebelum dikirim, pemilik harus melapor kepada Karantina untuk mengajukan permohonan.

Kemudian, petugas akan menjelaskan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, mengingat terdapat beberapa poin pelarangan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pemerintah sebenarnya sudah membatasi pintu masuk ke Indonesia, sesuai dengan Permentan Nomor 42 Tahun 2012. Memang masyarakat banyak yang belum paham, makanya kami juga terus melakukan sosialisasi," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help