11.000 Warga Prasejahtera di Kabupaten Bangka Dapat BPJS Kesehatan Bantuan Pemda

Pemerintah Kabupaten Bangka telah menganggarkan dana untuk program jaminan kesehatan BPJS bantuan pemerintah daerah

11.000 Warga Prasejahtera di Kabupaten Bangka Dapat BPJS Kesehatan Bantuan Pemda
IST
Sekretaris Dinas DP2KBP3A Kabupaten Bangka Boy Yandra berfoto bersama saat menghadiri kegiatan Safari Dakwah Pemkab Bangka, Rabu (22/11/2017) di Masjid Shirotul Mustaqim Desa Bukit Layang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka telah menganggarkan dana untuk program jaminan kesehatan BPJS bantuan pemerintah daerah bagi 11.000 warga yang termasuk keluarga pra sejahtera.

Selain itu juga masyarakat termasuk keluarga pra sejahtera tetapi belum dapat bantuan BPJS pemerintah, maka bisa menggunakan Jaminan Kesehatan Sepintu Sedulang (JKSS).

Penjelasan ini disampaikan Sekretaris Dinas DP2KBP3A Kabupaten Bangka Boy Yandra yang menyampaikan sambutan Bupati Bangka, pada Safari Dakwah Pemkab Bangka, Rabu (22/11/2017) di Masjid Shirotul Mustaqim Desa Bukit Layang.

"Untuk pembuatan JKSS syaratnya KTP dan KK Bangka, SKTM desa, rekomendasi dinsos dan dinkes maka sudah bisa mendapat layanan kesehatan baik pusmesmas maupun rumah sakit," jelas Boy Yandra kepada masyarakat.

Dia juga memaparkan mengenai 38 program Pemkab Bangka yang sudah berjalan yakni
program rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni (Rulahu) dengan syarat tanah milik sendiri.

Menurutnya, rumah tidak layak huni ini akan didata oleh kadus/kades/RT/kaling yang diusulkan mendapatkan bantuan rumah layak huni.

Untuk tahun 2017 ini lebih kurang 600 rumah tidak layak huni menjadi layak huni telah dibangun Pemkab Bangka.

Bahkan Pemkab Bangka untuk program orang tua hidup sendiri (Bunatuhiri) yang tidak layak rumahnya maka bisa akan dibantu pembangunan atau rehab rumah melalui program program sedekah lima ratus rupiah sehari (semari).

Disamping itu juga ada program paket sekolah bagi anak yang putus sekolah akan disekolahkan gratis untuk mendapatkan paket A,B dan C dan mendaftarnya ke UPT pendidikan di kecamatan.

"Pemkab Bangka juga ada program Bumil Resti bagi ibu hamil yang berisiko akan didata dan akan difasilitas pengobatan oleh bidan desa. Bang Muda yakni Bangka mudah medapatkan akta kelahiran gratis di poskesdes, RSUD, klinik dokter dan bidan satu hingga tiga hari beres," jelas Boy Yandra.

Menurutnya kegiatan safari dakwah ini merupakan agenda rutin Pemkab Bangka guna meningkat silaturahmi antara masyarakat dan aparat pemeintahan pemkab Bangka.

"Safari dakwah ini merupakan program meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat khususnya Desa Bukit Layang yang mana aspirasi tidak tersampaikan maka bisa langsung menyampaikan dan program menuju akhirat serta penyampaian 38 program pemkab bangka yang sudah berjalan namun masih belum seluruh masyarakat menikmati atau mengetahuinya," ungkap Boy Yandra.

Safari dakwah ini dihadiri Staf Ahli Ekonomi Setda Bangka, kabag organisasi, kesra, babinkantibmas, babinsa, camat bakam, sekdes, ulama tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Bukit Layang.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved