Menguak Sosok Ratko Mladic, Jagal nan Sadis yang Membantai Lebih Dari Tujuh Ribu Muslim Bosnia

Kekejaman yang dilakukan Mladic berawal pada 1992, ketika Muslim Bosnia dan warga Kroasia memilih merdeka dalam referendum

Menguak Sosok Ratko Mladic, Jagal nan Sadis yang Membantai Lebih Dari Tujuh Ribu Muslim Bosnia
AFP
Ratko Mladic tiba di bandar udara di Sarajaveo, 1993. 

BANGKAPOS.COM--Ratko Mladic, bekas komandan militer Serbia Bosnia, dinyatakan bersalah melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan saat Perang Bosnia.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Mahkamah Pidana Internasional untuk Bekas Yugoslvia, di Den Haag, hari Rabu (22/11), yang menyatakan Mladic bersalah melakukan genosida terhadap Muslim Bosnia di Srebenica pada 1995.

Mahkamah juga menyatakan bahwa Jenderal Mladic bertanggung jawab karena secara langsung memerintahkan pengeboman terhadap kota Sarajevo.

Ia dijatuhi hukuman seumur hidup dalam kasus yang digambarkan hakim sebagai salah satu kejahanan paling biadab dalam sejarah umat manusia.

Kekejaman yang dilakukan Mladic berawal pada 1992, ketika Muslim Bosnia dan warga Kroasia memilih merdeka dalam referendum yang diboikot oleh warga Kroasia.

Yang terjadi kemudian adalah perang terbuka antara Muslim Bosnia dan Kroasia di satu sisi dan Serbia Bosnia di kubu lain.

Bersama pemimpin politik Serbia, Radovan Karadzic, Mladic adalah tokoh kunci pembersihan etnik yang menyebabkan puluhan ribu orang tewas dan ratusan ribu lainnya mengungsi.

Peristiwa ini banyak digambarkan sebagai kekejaman terburuk di Eropa pasca-Perang Dunia.

Mladic aktif hadir di berbagai garis depan dan membawahi tak kurang dari 180.000 tentara yang pada fase awal perang menguasai lebih dari 70% wilayah Bosnia.

Perang brutal

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help