Kecamatan Merawang Ingin Menjadi Kecamatan ODF Pertama di Babel

Then Suyanti menyebutkan, sejauh ini pihaknya terus menggenjot untuk mewujudkan kecamatan yang bisa menjadi kecamatan ODF.

Kecamatan Merawang Ingin Menjadi Kecamatan ODF Pertama di Babel
bangkapos.com/dok
dr Then Suyanti 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti menyebutkan, sejauh ini pihaknya terus menggenjot untuk mewujudkan kecamatan yang bisa menjadi kecamatan ODF.

"Target kita selain desa di Kabupaten Bangka menjadi desa ODF, kecamatan juga harus bisa menjadi kecamatan ODF," ungkapnya, Jumat (24/11/17) di Sungailiat.

Disebutkan mantan Direktur RSUD Sungailiat Bangka ini, yang menjadi target kecamatan ODF adalah Kecamatan Merawang.

Diakuinya, sejauh ini masih ada satu desa di Kecamatan Merawang yang belum menjadi desa ODF yakni desa Kimak yang masih kurang sembilan jamban, dan semoga dapat selesai dalam waktu dekat.

"Target kita Kecamatan Merawang ini bisa menjadi kecamatan di Bangka Belitung yang menjadi kecamatan ODF pertama, karena di Babel ini belum pernah," harapnya.

Diuraikannya juga, target yang ingin dicapai adalah semuanya harus bisa menjadi kecamatan dan kabupaten ODF.

"Sejauh ini desa ODF di Bangka sudah 28 desa, dan sisanya akan dibreakdown tahun 2018, tahun 2019 harus tercapai 100 persen, kan target pemerintah 100 0 100, jadi wajib," tegasnya.

Dikatakannya juga untuk desa yang belum ODF, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka terus melakukan pemicuan dan melakukan pendekatan juga ke masyarakat melalui pemerintah desa, dan phak kecamatan juga.

"Kita hampir setiap hari melakukan penyuluhan, dan pemicuan juga, ada juga program jambanisasi kerjasama dengan TNI, pemicuannya di Dinas Kesehatan, pembangunanya di PU, melalui dana desa dan arisan jamban juga," tutup dr. Then Suyanti.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved