Pulau Belitong Resmi Sandang Status Geopark Nasional

Pulau Belitong dengan julukan Negeri Laskar Pelangi, Jumat (24/11/2017) secara resmi telah menyandang status Geopark Nasional.

Pulau Belitong Resmi Sandang Status Geopark Nasional
bangkapos.com/Disa Aryandi
Bupati Belitung Sahani Saleh dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, Jumat (24/11) saat menerima sertifikat Geopark Nasional. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Pulau Belitong dengan julukan Negeri Laskar Pelangi, Jumat (24/11/2017) secara resmi telah menyandang status Geopark Nasional. Itu dibuktikan, dengan penyerahan sertifikat dari tim penilai Geopark.

Status nasional itu didapat, bersamaan dengan penetapan Nasional pada Geopark Tambora Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Geopark Raja Ampat Papua Barat, Geopark Marospangkep Sulawesi Selatan dan Geopark Bojonegoro.

"Ada lima yang diusulkan, 21 oktober kemarin dokumen sudah diserahkan dan sudah paparan, hasil dari komite goepark nasional, kelima ini berhak menyandang geopark nasional," kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinatir Bidang Kemaritiman, Safri Burhanudin kepada posbelitung.com, Jumat (24/11/2017).

Dari lima usulan tersebut, terdapat tiga usulan geopark yang langsung lolos, Belitong, Raja Ampat, dan Tambora.

"Sedangkan untuk Marospangkep dan Bojonegoro, itu diberikan status geopark tapi dengan catatan harus diperbaiki dengan waktu tertentu. Kalau lewat dari waktu itu, maka status geopark nasional akan dicabut," jelasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved