VIDEO: Ini Rahasia Kenapa Belitong Lolos Geopark Nasional

Pulau Belitong merupakan salah satu daerah yang mulus mendapatkan status Geopark Nasional,

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Pulau Belitong merupakan salah satu daerah yang mulus mendapatkan status Geopark Nasional, bersama dengan Geopark Tambora Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Geopark Raja Ampat Papua Barat.

Padahal untuk mendapat status Geopark Nasional bukan perkara mudah. Ada tiga kategori penilaian, berupa keunikan geologi, kebudayaan, flora dan fauna yang harus dipenuhi.

Setelah itu, usulan geopark ini harus dinilai oleh tim, dan harus diputuskan oleh 12 orang tim penilai. Tim penilai ini, secara keseluruhan dari aspiring geopark, profesional, perguruan tinggi dan unsur pemerintah pusat.

"Disini (Belitung) sudah ada semua, dan lengkap. Semua nya keunikan geologi, kebudayaan, flora dan fauna masuk dalam penilaian," kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinatir Bidang Kemaritiman, Safri Burhanudin kepada posbelitung.com, Jumat (24/11/2017).

Keunikan Geologi, Budaya, Flora dan Fauna, kata dia, harus dirangkum menjadi satu dokumen dijadikan geopark. Setiap geosite, harus memiliki penjelasan dari segi ilmu geologi, sertaa sejarah geosite tersebut.

"Seperti di Tanjung Kelayang itu harus ada penjelasan, umur bebatuan berapa, proses terbentuknya bagaimana, karena geopark adalah bagian dari pendidikan. Nah yang harus dipersiapkan untuk Geopark Global, secara dokumen Belitung harus mendapat nilai 'A' dari GGN," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved