BangkaPos/

Mahasiswa Jadi Agen Demokrasi yang Berintegritas

Apa yang dimaksud pemilu berintegritas? pemilu yang dilakukan tanpa unsur kecurangan.

Mahasiswa Jadi Agen Demokrasi yang Berintegritas
bangkapos.com/teddy malaka
KOMUNITAS PEDULI PEMILU -- Sejumlah mahasiswa mengikuti seminar Pengembangan Komunitas Peduli Pemilu yang digelar KPU Bangka Belitung, 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- "Pemilik suara bukan dimobilisasi, tetapi diberi kesadaran untuk berpartisipasi pada Pemilu," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri. Sehingga menurutnya perlu dibentuk komunitas peduli pemilu untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas.

Demikian sambutan yang disampaikan Davitri ketika membuka secara resmi Seminar Pengembangan Komunitas Peduli Pemilu di ruang pertemuan Sekretariat KPU Provinsi Bangka Belitung di Jalan Muntok Pangkalpinang, Senin (27/11).

Menurut Davitri sangat dibutuhkan terselenggaranya Pemilu yang berintegritas. Sehingga peran para pemuda yakni mahasiswa yang menjadi peserta seminar dapat menjadi pemilih yang berintegritas.

"Apa yang dimaksud pemilu berintegritas? pemilu yang dilakukan tanpa unsur kecurangan. Memilih tidak karena ada money politik. Ini yang diharapkan dari komunitas yang akan kita bentuk ini," kata Davitri.

Menurutnya mahasiswa sebagai agen perubahan merupakan masa depan demokrasi di Indonesia. Sehingga dibutuhkan generasi yang mengenal dan dapat mempertahankan dan menjamin terselenggaranya demokrasi yang sesuai kontitusi.

Seminar singkat satu hari ini diikuti oleh sejumlah perwakilan sejumlah kampus yang ada di Bangka Belitung. Ada tiga pemateri yakni Teddy Malaka seorang jurnalis dari Bangka Pos Group, Andi Budi Yulianto dari perwakilan komisioner Bawaslu dan DR Dwi Haryadi, SH, MH, dosen di Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung.

Pada materi dari Bangka Pos Group, para peserta sangat aktif dan mengkritisi peran media massa pada Pemilu. Mereka mempertanyakan konsistensi media massa dalam melaksanakan tugas, fungsi dan peran media massa dalam mengawal jalannya Pemilu.

Penulis: teddymalaka
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help