BangkaPos/

TIPS: Fried Chicken Rumah Tak Serenyah Buatan Resto, Mungkin Ini Penyebabnya

Hasil fried chicken yang renyah tentu juga harus didukung oleh jenis tepung dan teknik pembuatan yang tepat.

TIPS: Fried Chicken Rumah Tak Serenyah Buatan Resto, Mungkin Ini Penyebabnya
sajian sedap
Dari Air Es Sampai Telur, Mana Larutan Pencelup yang Paling Baik untuk Fried Chicken Renyah? 

BANGKAPOS.COM-- Sebelumnya kita sudah pernah membahas jenis tepung terbaik untuk fried chicken renyah di link ini. Nah, kali ini kami akan bagikan rahasia larutan pencelup yang tentu tak kalah pentingnya kala membuat fried chicken . Jadi, untuk Anda yang serigkali bingung kenapa fried chicken buatan rumah tidak bisa serenyah buatan restoran, artikel ini akan memberi jawaban.

Artikel ini akan membagikan hasil percobaan pada 4 jenis tepung pencelup yang paling sering digunakan untuk fried chicken. Kita pasti tahu, kala membuat fried chicken, kita harus terlebih dulu mencelupkan ayam pada larutan tepung basah, baru kemudian pada tepung keringnya. Nah, berikut kami urutkan mulai dari larutan pencelup terbaik sampai terburuk. Berada di posisi berapakah larutan pencelup yang biasa Anda gunakan?

1. Air Es

Air es yang dimaksud bisa air dingin, atau lebih baik lagi jika airnya juga dicampur es batu. Air es berada pada urutan pertama larutan pencelup yang paling baik untuk fried chicken renyah. Alasannya, menggunakan air es akan membuat fried chicken renyah tahan lama, bahkan jika sudah dingin sekalipun.

2. Larutan tepung

Seringkali kita juga menggunakan larutan tepung sebagai bahan pencelup. Larutannya biasa terdiri dari tepung terigu, air, garam dan merica. Nah, larutan tepung ini berada pada urutan kedua  sehingga bisa jadi pilihan untuk fried chicken renyah. 

3. Putih Telur

Sering menggunakan putih telur? Putih telur memang membuat tepung kering lebih menempel pada ayam. Tapi nyatanya, putih telur memberi efek yang kurang baik pada fried chicken setelah dingin. Fried chicken cenderung tidak bertahan lama kerenyahannya.

4. Telur utuh

Berada di posisi terakhir adalah telur utuh. Artinya menggunakan kuning dan putih telur sekaligus. Penggunaan telur utuh membuat fried chicken jadi melempem dan surit renyah. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan telur utuh sebagai bahan pencelup fried chicken.

Keempat bahan di atas sebenarnya bisa saling menggantikan fungsinya. Jadi, kalau resep Anda menggunakan putih telur misalnya, langsung saja ganti dengan air es kalau mau membuktikan kerenyahannya.

Tapi perlu digarisbawahi, hasil fried chicken yang renyah tentu juga harus didukung oleh jenis tepung dan teknik pembuatan yang tepat. Jadi, ketiganya harus diperhatikan agar hasil fried chicken bisa renyah maksimal.

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help