BangkaPos/

PPRC, Pasukan Gabungan Tiga Matra yang Selalu Siaga Berperang Selama 24 Jam

PPRC disiagakan untuk mengantisipasi semua kontijensi (keadaan darurat) di seluruh wilayah Nusantara terutama

PPRC, Pasukan Gabungan Tiga Matra yang Selalu Siaga Berperang Selama 24 Jam
Agustinus Winardi
Pasukan PPRC 

BANGKAPOS.COM--Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI merupakan pasukan gabungan tiga angkatan (AD, AL, dan AU).

Pasukan ini disiagakan selama 24 jam untuk siap diterjunkan di medan pertempuran kapan pun, dari dari Sabang hingga Merauke.

Pasukan yang dibentuk sejak tahun 1985 ini berada langsung di bawah Panglima TNI dan diserahterimakan setiap dua tahun sekali antara Divisi Infanteri 1 Kostrad di Jakarta dengan Divisi Infateri 2 Kostrad di Malang, Jawa Timur. 

Panglima Divisi I selaku Komandan PPRC memang memiliki garis komando langsung di bawah Panglima TNI.

PPRC mempertunjukkan kemampuannya membebaskan sandera dalam latihan militer di Mamburungan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara pada Jumat (15/4/2016) siang.
PPRC mempertunjukkan kemampuannya membebaskan sandera dalam latihan militer di Mamburungan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara pada Jumat (15/4/2016) siang. (TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO)

Sebagai komandan PPRC ia membawahi pasukan gabungan dari tiga angkatan di jajaran TNI.

Ada Satgastrat (Satuan Tugas Darat) yang biasa diambil dari Brigade Infanteri Lintas Udara (Brigif Lanud) dan lazimya komandan Brigade otomastis bertindak sebagai Komandan Satgastrat.

Satuan ini merupakan representasi pasukan PPCR dari TNI AD.

Lalu ada Satgasla (Satuan Tugas Laut) yang bisa dimbil dari Guspurla (Gugus Tempur Laut), Guskamla (Gugus Keamanan Laut) jajaran Komando RI Kawasan Barat (Koarmabar) atau Komando RI Kawasan Timur (Koarmatim) TNI AL lengkap dengan unsur laut, tim pendarat (Marinir) dan sebagainya.
Satuan ini merupakan representasi pasukan PPCR dari TNI AL.

Yang ketiga adalah Satgasud (Satuan Tugas Udara), hanya namanya bukan Satgasud melainkan Satlakopsud (Satuan Pelaksana Operasi Udara) dipimpin oleh Komandan Satlakopsud.

Satlakopsud membawahi unsur-unsur udara di mana biasanya Dan Satlakopsud  dijabat oleh Pangkoopsau I atau Pangkoopsau II secara bergantian.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help