Selama Hidup, Ini Makanan Maknyus Favorit Bondan Winarno, Termasuk Gangan Khas Belitung

Selain woku belanga, ada ikan gangan khas Belitung, pengek tuna khas Padang sampai mangut kelapa ikan yang menjadi makanan favorit pak Bondan

Selama Hidup, Ini Makanan Maknyus Favorit Bondan Winarno, Termasuk Gangan Khas Belitung
wordpress.com
Gangan khas Belitung 

BANGKAPOS.COM-- Kabar duka datang dari dunia kulier Indonesia. Bondan Winarno, presenter TV sekaligus juga pakar kuliner Indonesia meninggal dunia hari ini (29/8), dalam usia 67 tahun. Banyak orang pasti kenal dengan pria berjargon “Pokok’e Maknyus” ini.

Dalam acara TV yang dibawakannya, Bondan terkenal pintar menggambarkan rasa makanan baik dari kata-kata maupun ekspresinya. Tak heran, pada masanya, program TV yang membesarkan namanya tersebut punya rating tinggi.

Yang menarik, walau telah mencoba jutaan jenis makanan dari seluruh dunia, toh, yang jadi favorit pria asal Jawa Timur ini tetap saja makanan khas daerah Indonesia. Kira-kira apa saja, ya, daftar makanan favoritnya? Simak di bawah ini:

Selama Hidup, Ini Makanan Maknyus Favorit Bondan Winarno

Masakan Padang

Walau menjalani pola hidup sehat setiap harinya, Pria asal Jawa Timur ini tetap saja cinta pada makanan Padang. Namun, mengingat usia yang tidak muda lagi, Bondan sadar kalau tubuhnya butuh makanan yang lebih sehat. Karena itu, sejak memasuki usai 50 tahun, Bondan mulai mengurangi konsumsi makanan favoritnya Ini.

Masakan Manado                                                                                                                                                           

Masakah khas Daerah yang disukai Bondan lainnya adalah masakan Manado. Menurutnya, masakan Manado lebih sehat karena tidak menggunakan santan. Bahannya pun kebanyakan menggunakan ikan, jadi penuh gizi.

Nah yang jadi favorit Bondan adalah ikan woku belanga dan tumis papaya. Tak heran sih,  Keduanya memang super maknyus. Ikan woku adalah ikan yang dimasak dalam bumbu kuning bercita rasa gurih, pedas dan sedikit asam. Di dalamnya ditambahkan banyak kemangi dan daun jeruk sehingga aromanya betul-betul sedap. Kebayang, kan, enaknya?

Masakan ikan woku khas manado
Masakan ikan woku  (Cultureindo.com)

Masakan Serba Ikan

Pria yang pernah menerbitkan buku berjudul “100 Maknyus Bondan Winarno” ini juga super cinta dengan olahan serba ikan. Itu sebabnya, selain woku belanga, ada ikan gangan khas Belitung, pengek tuna khas Padang sampai mangut kelapa ikan.

Kalau diperhatikan, semuanya punya kesamaan, lo. Keempatnya adalah olahan ikan yang dimasak dengan bumbu yang cukup medok. Cita rasanya pun terbilang kaya. Dalam satu masakan bisa ditemukan rasa asam, pedas dan gurih sekaligus. Jadinya, bisa dibilang, lidah Bondan cocok dengan masakan bercita rasa kuat.

Nah, sudah tahu, kan, apa saja makanan favorit legenda kuliner Indonesia ini? Walau telah berpulang, Bondan Winarno akan tetap dikenang sebagai tokoh yang punya andil besar dalam kuliner Indonesia. Pokok’e Maknyus!

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved