BangkaPos/

5 Fakta tentang Paus Terdampar di Perairan Belitung, Akhirnya Bisa Diselamatkan

Butuh waktu selama dua jam, seekor paus berukuran panjang sekitar 12 meter dan berat diperkirakan 10 ton berhasil diselamatkan ke perairan dalam.

5 Fakta tentang Paus Terdampar di Perairan Belitung, Akhirnya Bisa Diselamatkan
ist
Kondisi ikan paus yang terdampar diperairan Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Rabu (29/11/2017). Ist 

BANGKAPOS.COM,  SELAT NASIK -- Butuh waktu selama dua jam, seekor paus berukuran panjang sekitar 12 meter dan berat diperkirakan 10 ton berhasil diselamatkan ke perairan dalam. Sebelumnya ikan mamalia ini terdampar di perairan Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Rabu (29/11/2017).

Bagian punggung paus dipenuhi luka. Kondisi tubuh ikan itu seperti tidak berdaya.

Tubuhnya terdampar di atas karang, dan tidak kuat untuk berenang ke tengah laut.

Nelayan setempat yang sudah mengetahui penemuan itu bersama perangkat Desa Suak Gual dan Polsek Selat Nasik kemudian berusaha melakukan evakuasi.

Inilah sejumlah fakta yang himpun Bangka Pos tentang adanya paus tersebut.

1.  Posisi paus terdampar itu berada sekitar 500 meter dari pelabuhan baru Suak Gual.

Sempat dievakuasi sekitar 30 meter dari hutan mangrove di dekat pelabuhan Suak Gual. Menggunakan peralatan seadanya seperti tali, tubuh ikan itu ditarik menggunakan perahu motor.

Adalah Hendra, nelayan setempat yang pertama kali menemukan paus itu. Saat itu sekitar pukul 03.30 WIB, ia hendak pergi melaut.

Baru beranjak sekitar 500 meter dari pelabuhan, ia dikejutkan sosok paus itu sudah dalam posisi terjebak di atas karang.

“Kami tidak mengetahui dari laut mana paus itu berasal, tapi di bagian atasnya (punggung) sudah dipenuhi luka dari awal tadi,” kata Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Suak Gual, Jeri Hendra kepada Pos Belitung, Rabu (29/11).

Halaman
1234
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help