Gambus Belitong Jadi Koleksi KBRI Singapura

Alat musik tradisional Gambus Belitong hasil karya Usni Mariosha menambah deretan koleksi di ruang pamerah

Gambus Belitong Jadi Koleksi KBRI Singapura
IST
Atase Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura Sugih Rahmansyah berfoto bersama Usni Mariosha dan Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi usai menyerahkan gambus Belitong, Kamis (30/11/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG  -  Alat musik tradisional Gambus Belitong hasil karya Usni Mariosha menambah deretan koleksi di ruang pamerah kantor Kedutaan Besar Indonesia di Singapura, Kamis (30/11/2017).

Didampingi Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi, Usni menyerahkan satu set gambus kepada Atase Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura Sugih Rahmansyah.

"Saya berharap melalui gambus ini, Belitong bisa diperkenalkan secara luas," ujarnya saat menghubungi posbelitung.com via pesan whatsapp.

Menurut Usni, gambus buatannya terbuat dari limbah kayu seperti kayu bulin, cempedak dan seruk. Ia memproduksi karya tersebut di sebuah rumah yang disebut Baro Begado.

Sementara itu, Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi menambahkan, nama Belitong identik dengan wisata alam dan bahari. Gambus Belitong, kata dia, diharapkan mampu menjadi ikon baru bagi pariwisata Negeri Laskar Pelangi.

"Melalui acara penyerahan gambus untuk di pajang di show room kedutaan ini diharapkan bisa membantu memperkenalkan Belitong di mata Internasional," katanya.

Menurut Agus, ruang pameran tersebut sering dikunjungi oleh tamu Kedutaan Besar Indonesia. Bahkan tidak hanya warga Singapura, tetapi juga para pebisnis dan orang asing yang tinggal di sana.

Oleh sebab itu, dirinya berharap pemajangan hasil karya di ruang pameran itu akan berdampak pada dari segi bisnis khususnya pengrajin itu sendiri.

"Semua hasil kerajinan yang ada di ruang pameran ini memiliki data lengkap yang bermanfaat bagi pebisnis yang tertarik untuk berbisnis dengan pengrajin," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved