Waspada Siklon Tropis Dahlia Muncul di Selat Sunda

Badai diperkirakan mencapai Samudera Hindari atau selatan tenggara Jakarta dengan kecepatan angin maksimum 95 kilometer per jam

Waspada Siklon Tropis Dahlia Muncul di Selat Sunda
Antara
Siklon Cempaka 

BANGKAPOS.COM--Badai Siklon Tropis Cempaka yang melanda wilayah Jawa dan Bali beberapa hari lalu membawa duka bagi ribuan warga di 28 Kabupaten dan kota di Pulau Jawadan Bali, ratusan permukiman kebanjiran dan mengalami longsor, warga pun kehilangan rumah dan harta bendanya.

Tetapi, ujian tidak berhenti, surutnya Cempaka, kini terbit Siklon Tropis Dahlia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan pusat Badai Siklon Tropis Cempaka yang berada sangat dekat dengan wilayah selatan perairan Pacitan, JawaTimur, tepatnya 23 kilometer dari daratan menyebabkan hujan ekstrem, angin kencang dan gelombang tinggi.

Dalam kurun waktu dua hari, terhitung sejak 27-29 November 2017, curah hujan di Pacitan mencapai 383 mm per hari, sedangkan Yogyakarta mencapai 286 mm per hari.

Akibatnya, sungai dan anak sungai di kedua wilayah tidak mampu menampung aliran hingga menyebabkan banjir, khususnya di Wonogiri, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, Klaten, dan Pacitan.

Sementara, dampak yang ditimbulkan dari Siklon Tropis Cempaka dilaporkan telah menewaskan sebanyak 27 orang, antara lain sembilan orang hanyut dan 18 korban tertimbun tanah longsor.

Bersamaan, ratusan ribu rumah terendam banjir, ribuan hektare lahan rusak dengan kerugian diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

"Penanganan darurat masih dilakukan di daerah. Status tanggap darurat pun sudah ditetapkan oleh beberapa kepala daerah. Saat ini siklon tropis Cempaka sudah menjauh dan luruh. Tidak memberikan dampak yang kuat lagi," jelasnya dalam siaran tertulis pada Kamis (30/11/2017) malam.

Namun, melemahnya Siklon Tropis Cempaka, dilaporkan badai tropis lainnya muncul di Selat Sunda.

Badai yang dinamai Siklon Tropis Dahlia itu bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan 13 kilometer per jam pada Kamis (30/11/2017).

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved