Lestarikan Budaya, Desa Ranggi Asam Gelar Sunatan Massal

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Dusun Johar, Desa Ranggi Asam, Kabupaten Bangka Barat menggelar acara sunatan massal

Lestarikan Budaya, Desa Ranggi Asam Gelar Sunatan Massal
IST
Kegiatan sunatan massal Dusun Johar, Desa Ranggi Asam, Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (2/12/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Dusun Johar, Desa Ranggi Asam, Kabupaten Bangka Barat menggelar acara sunatan massal, Sabtu (2/12/2017).

Kepala Desa Ranggi Asam, Nur’in mengatakan sunatan massal yang dilakukan di Desa Ranggi Asam sudah yang kedua kalinya dilakukan. Kali ini sebanyak tujuh anak warga sekitar turut serta dalam sunatan massal.

“Kita berharap tradisi dan budaya daerah ini dapat kita lestarikan setiap tahun. Tentunya dengan dukungan dari masyarakat tradisi ini juga dapat kita pertahankan dan gelar semoga tahun selanjutnya akan terlaksana lebih baik lagi,” kata Nur’in kepada bangkapos.com.

Acara gelar cukup meriah khas warga sekitar. Hampir seluruh warga berpartisipasi untuk menyemarakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Anak-anak peserta sunatan massal diarak keliling kampung. Mulai dari masjid menuju ke balai dusun.

Kemudian mereka dimandikan secara bersama-sama di sungai sebagai simbol membersihkan diri memasuki akil baligh.

“Ini bagian dari rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Rencananya kita juga akan menggelar kegiatan lainnya seperti lomba membaca Alquran, lomba adzan, lomba dai cilik dan lomba busana muslim. Untuk awalnya kita sunatan massal dulu, kemudian baru acara lainnya,” ujar Nur’in.

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved