Sopian Berharap Peringatan Maulid Pererat Ukhuwah Islamiah

Wakil Walikota Pangkalpinang, M Sopian berharap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H akan mempererat ukhuwah islamiah antara sesama muslim

Sopian Berharap Peringatan Maulid  Pererat Ukhuwah Islamiah
bangkapos/zulkodri
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, di Kampung Meleset kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Sabtu (2/12/2017) 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Wakil Walikota Pangkalpinang, M Sopian berharap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H menjadi momen mempererat ukhuwah islamiah antara sesama muslim.

Sopian juga mengapresiasi kegiatan peringatan Maulid Nabi yang di gelar di Kampung Meleset Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam. Dirinya berharap kegiatan seperti terus dilaksanakan dan semakin semarak.

" Kita ketahui yang pertama kali melaksanakan Peringatan Maulid dengan bentuk ngangung bersama ini, pelopornya adalah di Kampung Meleset. Kalau tidak salah ini, sudah yang delapan kalinya. Ini, sangat kita apresiasi," ujar Sopian ketika menghadiri dan memberi sambutan dalam perayaan maulid nabi yang digelar di Kampung Meleset, Sabtu (2/12/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Sopian mengaku terharu dan bangga akan kebersamaan warga meleset dan sekitar dalam merayakan maulid nabi.

"Kegiatan positif, seperti ini, akan terus didukung oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, apabila digelar dengan budaya nganggung yang kental dengan kebersamaan" ucapnya.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi semakin semarak dengan kehadiran Ustad Umar Al Faruq Afandi.

Ustad Umar Al FAruq Afandi ketika memberikan tausyiah pada kegiatan peringatan Maulid Nabi di Kampung Melset Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam, Sabtu (2/12/2017)
Ustad Umar Al FAruq Afandi ketika memberikan tausyiah pada kegiatan peringatan Maulid Nabi di Kampung Melset Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam, Sabtu (2/12/2017) (Bangka Pos/Zulkodri)

Dengan gaya khasnya ustad asli Madura sekaligus pimpinan Majelis Taqlim Senandung Al-quran mengajak warga yang datang bershalawat dengan nada dan arasemen lagu mulai dari dangdut, melayu hingga India. warga yang hadir merasa terhibur sekaligus mendapat siraman rohani.

Untuk diketahui majelis Ta'lim Al-quran merupakan Majelis yang fokus dalam mempelajari ilmu Naghomul Quran (lagu/irama dalam membaca Al-Quran) dan Tahsinul Qiro’at (keindahan dalam membaca Al-Quran).

Menurut Ustad Umar manfaat Peringatan maulid nabi ini, sangat luar biasa. Kalau sudah dilaksanakan jangan ditinggalkan. Manfaatnya sangat besar kepada anak-anak agar lebih mengenal Nabi kiga Nabi besar Muhammad SAW.

" Kegiatan ini, terselengara karena kecintaan yang sama kepada baginda Rasulullah Nabi Muhammad. Ini juga bentuk ungkapan kebahagian. Ada yang bilang Bid'ah karena tidak ada dalam syariat. Menurut saya bukan, sebab harus tahu dulu pengertian syariat itu, yang sudah ditentukan waktu dan ketetapan. Kalau maulid bisa dirayakan hari ini, kapan bisa selama masih bulan maulid. Dengan peringatan maulid juga dapat mempererat Ukhuwah Islamiah, seperti saya asli Madura bisa bersilaturahmi ke Pangkalpinang begitu juga sebaliknya berkumpul bersama," ucapnya.

Acara peringatan sendiri diakhiri dengan doa bersama dan makan bersama yang yradisi Bangka dikenal dengan tradisi ngangung.

Ketua Panitia Pelaksana, Asri mengatakan kegiatan Maulid Nabi yang digelar di Kampung Meleset sudah dilaksanakan selama delapn kali dilaksanakan sejak 2010 lalu.

" Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih terhadap pemerintah Kota Pangkalpinang dan pihak yang telah membantu dan mensuport terselenggaranya kegiatan ini, khususnya warga Meleset dan sekitarnya," ucap Asri.

Pemenang Lomba Hapalan Ayat-ayat pendek dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampung Meleset Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Sabtu (2/12/2017)
Pemenang Lomba Hapalan Ayat-ayat pendek dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampung Meleset Kelurahan Ketapang Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Sabtu (2/12/2017) (Bangka Pos/Zulkodri)

Kegiatan Maulid ini, sendiri selain acara Nganggung sebelumnya juga digelar pawai Taaruf, pertunjukan Dambus, serta perlobaan mulai dari hafalan ayat-ayat pendek, lomba adzan dan sebagainya.(*)

Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved