BangkaPos/

Inovatif, Pembudidaya Lebah Dusun Limang Produksi Polen dari Madu Kelulut

serbuk atau bubuk polen madu kelulut, pengelolaannya masih secara tradisional, tanpa pengawet dan tanpa campuran apapun.

Inovatif, Pembudidaya Lebah Dusun Limang Produksi Polen dari Madu Kelulut
(Bangkapos/riyadi)
Serbuk atau bubuk polen (sejenis propolis) asli buatan pembudidaya madu kelulut di Dusun Limang, Desa Pangkalberas, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar). Serbuk atau bubuk polen tersebut, selain asli, juga dibuat secara tradisional, tanpa campuran bahan lainnya. Foto Senin (4/12). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pembudidaya lebah madu kelulut di Dusun Limang, Desa Pangkalberas, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tak hanya sukses memproduksi madu kelulut saja.

Pembudidaya madu kelulut di dusun ini, ternyata juga mampu membuat serbuk atau bubuk polen (sejenis propolis) dengan bahan baku dari polen madu kelulut.

Baca: Jalan Parit Empat Kerap Dilanda Banjir Hingga Rendam Rumah Warga

Kadus Limang Kusman mengatakan, selain memproduksi madu kelulut, madu biasa, sedang dan madu lubang, dusun sentra penghasil madu asli ini juga memproduksi bubuk polen. Adapun bahan utamanya murni dari polen madu kelulut.

Dijelaskannya, serbuk atau bubuk polen madu kelulut, pengelolaannya masih secara tradisional, tanpa pengawet dan tanpa campuran apapun.

Baca: Hidup Mewah dari Hasil Korupsi, Inilah Wali Kota Cantik yang Memerintah Jarak Jauh Lewat WA

Bubuk polen kemasan ini sudah dipasarkan dan dikonsumsi kalangan sendiri.

"Kalau propolis, biasanya sudah dikemas berbentuk kapsul atau pil, bahan baku propolis sama saja dari polen. Tapi polen dari kami berbentuk bubuk, belum dikemas menggunakan kemasan kapsul, karena kami ingin memastikan bahwa polen ini murni dan asli serta alami, kalau polen masih di sarang itu masih basah, kalau yang sudah jadi serbuk atau bubuk, dibuat hanya melalui proses pengeringan dan ditumbuk hingga halus saja, tidak ada proses menggunakan teknologi canggih, jadi keasliannya sangat terjamin," jelas Kusman kepada bangkapos.com Senin (4/12).

Baca: Baru Mulai, LIVE STREAMING Indonesia vs Mongolia , Nonton di SINI, Bisa Pakai Ponsel

Halaman
12
Penulis: riyadi
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help