BangkaPos/

Banjir di Parittiga Akibat Sedimentasi Alur Sungai

Banjir kemarin karena sedimentasi sungai, sebenarnya setiap tahun dilakukan normalisasi alur sungai, tapi karena aktivitas

Banjir di Parittiga Akibat Sedimentasi Alur Sungai
ist
Banjir yang merendam ruas jalan Kantor Pos-Parit Empat Desa Puput, Simpang Tiga Parit Empat-Perumnas Desa Sekarbiru Kecamatan Parittiga, Minggu (3/12) lalu, disebabkan oleh sedimentasi alur sungai setempat. Selain merendam ruas jalan raya, banjir juga merendam areal pemukiman penduduk, tanaman pertanian dan kebun warga. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banjir yang merendam ruas jalan Kantor Pos-Parit Empat Desa Puput, Simpang Tiga Parit Empat-Perumnas Desa Sekarbiru Kecamatan Parittiga, Minggu (3/12) lalu, disebabkan oleh sedimentasi alur sungai setempat.

Selain merendam ruas jalan raya, banjir juga merendam areal pemukiman penduduk, tanaman pertanian dan kebun warga.

Kadin PU Pemkab Bangka Barat Suharli mengatakan, penyebab banjir karena pendangkalan atau sedimentasi di alur sungai itu.

Pendangkalan alur sungai, diakibatkan aktivitas yang menyebabkan kerusakan lahan dan limbahnya mengalir ke alur sungai hingga menyebabkan sedimentasi.

"Banjir kemarin karena sedimentasi sungai, sebenarnya setiap tahun dilakukan normalisasi alur sungai, tapi karena aktivitas yang mengakibatkan kerusakan lahan tadi masih ada, ya sedimentasi terus terjadi," ujar Suharli kepada kepada bangkapos.com Senin (5/12).

Sedimentasi akan berkurang, ketika aktivitas yang menyebabkan kerusakan lahan tersebut berkurang.

Diharapkan aktivitas tersebut bisa berkurang, sehingga tidak mengakibatkan alur sungai mengalami sedimentasi.

"Ya percuma saja, sedimentasi dikeruk terus, kalau aktivitas yang mengakibatkan kerusakan alam yang ada di daerah atas, nggak berhenti atau berkurang," jelas Suharli.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help