Kejaksaan dan Kepolisian Pangkalpinang Siap Kawal Pilwako

pihaknya mengutamakan pencegahan indikasi tindak pelanggaran dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat

Kejaksaan dan Kepolisian Pangkalpinang Siap Kawal Pilwako
bangkapos/idandimeikajovanka
Foto Bersama Panwaslu Pangkalpinang bersama Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pangkalpinang R Isjuniyanto dan AKP M Saleh saat pembentukan Sentra Gakkamdu, Selasa (5/12) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Menindak lanjuti surat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perihal pembentukan Sentra Gakkumdu Kota Pangkalpinang, Kejaksaan negeri dan Kepolisian terlibat dalam pengawasan pemilu Walikota dan Wakil Walikota, guna menyukseskan keberlangsungan pemilu mendatang, Selasa (5/12).

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, R Isjuniyanto mengatakan peraturan badan pengawasan pemilihan umum nomor 14 tahun 2016 tentang Sentra Gakkumdu pada pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Menurutnya, secara teknis sudah diatur sejumlah tingkatan berdasarkan undang-undang tentang pemilu, baik penyidikan maupun penuntutan.

Selain itu, adapula peraturan bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2016, Nomor 1 tahun 2016, Nomor 010/JIA/11/2016 tentang Sentra penegakan hukum terpadu pada pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

 “Sejauh ini kesiapan kejaksaan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang sudah ada dan belum ada perubahan kecuali pemilihan presiden. Jika ditanya tentang optimisme, kami optimis sebab tahun lalu berlangsung sukses dan tidak ada gejolak bahkan tidak ada kasus yang maju sampai meja persidangan. Berkat koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” jelas R Isjuniyanto.

Ia menambahkan pihaknya mengutamakan pencegahan indikasi tindak pelanggaran dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, R Isjuniyanto berharap bisa bekerja lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Sama dengan R Isjunitanyo, Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP M Saleh mengatakan secara teknis menyesuaikan aturan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 terkait pemilu.

Laporan yang diterima dari masyarakat melalui Panwaslu akan diselesaikan bersama.

Antisipasi pencegahan tindak pidana pun berdasarkan aturan yang telah ada.

“Apabila ada keluhan dalam rangkaian pemilihan, Panwas melakukan analisas lalu tindak pidana limpahkan langsung ke kepolisian maupun jaksa,” jelas M Saleh.

Ia berharap pesta demokrasi berlangsung baik dan lancar. Mereka bersama mengawal dan mengawasi kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Selain itu, bulan lalu Kepolisian telah melakukan latihan sistem kota mempersiapkan pemilu mendatang.(*)

Foto Bersama Panwaslu Pangkalpinang bersama Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pangkalpinang R Isjuniyanto dan AKP M Saleh saat pembentukan Sentra Gakkamdu, Selasa (5/12)
Foto: bangkapos/idandimeikajovanka

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved