Musim Penghujan, Petani Terubus Berhasil Panen 13 Ton Cabai

Dua hektar ditanam cabai, satu hektar menghasilkan sekitar 13 ton cabai, harga saat ini berkisar 35 ribu sampai 38 ribu perkilogramnya

Musim Penghujan, Petani Terubus Berhasil Panen 13 Ton Cabai
Bangkapos.com / evan saputra
Panen cabai di Desa Terubus, Kecamatan Lubuk Besar 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Musim penghujan tidak menyurutkan semangat para petani Desa Trubus, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah (Bateng) yang tergabung dalam Kelompok Tani Citra untuk menanam cabai merah yang saat ini sedang panen di lahan pertanian dan perkebunan di desa tersebut, Selasa (5/12/2017).

Panen cabai ini dihadiri oleh Camat Lubuk Besar, Kadis Pangan, Kadis Pertanian, perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Kegiatan dilanjutkan dengan dialog dan memberikan bantuan kepada beberapa Poktan.

Kades Desa Trubus, Ngiat Hiung mengatakan tahun ini Pemdes Trubus mendapatkan bantuan sebanyak sembilan hektar lahan dari APBN untuk para petani cabai.

Dari sembilan hekatar tersebut ditanam cabai sekitar dua hektar, Ngiat menyebutkan satu hektar lahan menghasilkan cabai sekitar 13 ton.

"Dua hektar ditanam cabai, satu hektar menghasilkan sekitar 13 ton cabai, harga saat ini berkisar 35 ribu sampai 38 ribu perkilogramnya. Untuk tahun ini Desa Trubus mendapatkan bantuan sekitar 9 hektar lahan dari APBN dan bantuan sarana dari Bank Indonesia," ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan kepala Dinas Pertanian, Rusli Haidir bantuan diberikan kepada petani berupa benih, pupuk organik dan pestisida dalam mendukung pertumbuhan cabai

"Kita akan selalu mendukung kepada para petani yang mau maju serta yang siap untuk kerja keras," ujarnya.

Ketua kelompok tani Desa Trubus, Acoi mengatakan panen kali ini penuh perjuangan karena faktor cuaca yang tidak menentu ditambah serangan virus jamur namun semuanya berhasil dilewati sehingga panen hari ini bisa dilakukan.

"Pemkab Bateng yang telah banyak memberikan bantuan kepada para petani Desa Trubus dan semoga ini memacu semangat dan memotivasi petani di desa lain," ujarnya.(*)

Penulis: Evan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help