BangkaPos/

Festival Jiran Nusantara Muntok, Sekda dan Tamu Undangan Kompak Kenakan Baju Adat Melayu

Pembukaan event ditandai pemukulan bedug oleh Sekretaris Daerah, H. Yunan Helmi didampingi ketua DPRD Babar Hendra Kurniady

Festival Jiran Nusantara Muntok, Sekda dan Tamu Undangan Kompak Kenakan Baju Adat Melayu
Bangkapos/Anthoni
Sekda Babar dan tamu undangan lainnya saat membuka festival jiran nusantara 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Festival Jiran Nusantara 2017, dalam rangka memperingati hari ulang tahun kota Muntok ke 283 resmi dimulai, Selasa (5/12/2017) kemarin malam.

Event berlangsung di lapangan Gelora Muntok, selama delapan hari.

Pembukaan event ditandai pemukulan bedug oleh Sekretaris Daerah, H. Yunan Helmi didampingi ketua DPRD Babar Hendra Kurniady, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai

Acara juga dihadiri kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat Suwito, Wakapolres Kompol Siswo Dwi Nugroho S.Ik, Danramil Muntok May Inf Sahudi beserta ribuan masyarakat Bumi Sejiran Setason.

Adapun rangkaian kegiatan dalam Festival Jiran Nusantara ini meliputi Jalan santai, pementasan seni, atraksi seni budaya, Seminar Gasing, dan berbagai lomba diantaranya Lomba mewarnai, lagu melayu, cabut bilon, adu betason, cipta souvenir, pakaian pengantin Bangka Barat, pembuat logo dan Branding city, rebana, festival band, cerita sastra tutur bahasa Melayu Muntok, adu buah karet, lari kelereng anak, caklingking, dan lomba bakiak

Pada kesempatan itu, Yunan beserta tamu undangan lainnya mengenakan pakaian adat melayu. Dia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini sebagai sarana mempromosikan destinasi wisata, mengembangkan nilai-nilai budaya dan sejarah.

"Pemerintah Daerah akan terus mendukung pelestarian budaya dan sejarah untuk menuju Bangka Barat hebat 2021. Saya harap seluruh peserta selalu menjunjung tinggi sportivitas dan seni guna melestarikan dan memajukan seni budaya daerah kita dan sebagai wujud kecintaan kearifan budaya lokal warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya" ujar Yunan, Rabu (6/12/2017).

Dalam Festival Jiran Nusantara tersebut, Yunan menyampaikan apresiasinya kepada kepada masyarakat, pelaku seni dan penikmat seni yang senantiasa membangun budaya yang bermartabat dan memberi kesempatan bagi para seniman lainnya memacu kreatifitas menuju karya yang bermutu.

" Patut diapresiasi dimana, pada event ini pelaku dan penikmat seni berkumpul menghibur sekaligus memacu kreatifitas masyarakat dengan karya-karya berkualitas," pungkasnya.(*)

Penulis: oni
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help