Nelayan Desa Clagen Butuh Pabrik Es Batu

Nelayan Desa Celagen yang berada di Kecamatan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan membutuhkan pabrik pembuatan es Batu

Nelayan Desa Clagen Butuh Pabrik Es Batu
Bangka Pos / Riki Pratama
Pjs Kepala Desa Celagen Rahman 

Laporan Wartawan  Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Nelayan Desa Celagen yang berada di Kecamatan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan membutuhkan pabrik pembuatan es Batu. Selama ini, nelayan Celagen terpaksa membeli es batu ke daerah terdekat seperti di Pangkalpinang dan Belitung.

Potensi hasil sumber daya laut di Desa Celagen cukup besar, namun tidak diimbangi faktor pendukung lainya seperti keberadaan pabrik es batu. Kebutuhan es batu untuk hasil tangkapan ikan nelayan sangat dibutuhkan oleh 95 persen masyarakat berprofesi nelayan di Celagen ini

Pjs Kepala Desa Celagen Rahman mengatakan bahwa Desa Celagen merupakan daerah penghasil ikan, dan menjadi wilayah yang menyuplai ikan laut ke daerah Bangka Selatan dan Pangkalpinang.

"Untuk kebutuhan Es batu banyak nelayan beli dari Pangkalpinang dan Belitung, karena di Celagen tidak ada pabrik es batu,"jelas Rahman kepada wartawan Rabu (6/12/2017)

Rahman menambahkan bahwa, kebutuhan akan es batu di Desa Celagen merupakan kebutuhan utama masyarakat yang 95 persen berprofesi sebagai pencari ikan di laut ini.

"Tetapi ada rencana pihak swasta ingin membanguan pabrik es di Celagen, tempatnya di Desa celagen, jadi posisinya lebih stategis dekat dengan pulau Geresik dan Kuil nelayan dari sana bisa membeli batu es nanti ke desa Celagen, dan tidak perlu lagi membeli ke Pangkalpinang atau Belitung,"lanjutnya.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help