BangkaPos/

Bawaslu Siapkan Applikasi Awasi Pemilihan Umum 2018

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI siapkan aplikasi khusus untuk pemilu tahun 2018 mendatang.

Bawaslu Siapkan Applikasi Awasi Pemilihan Umum 2018
foto: bangkapos/idandimeikajovanka
Sosialisasi Bawaslu RI di Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  RI siapkan aplikasi khusus untuk pemilu tahun 2018 mendatang. Aplikasi  berguna memudahkan masyarakat melakukan pengawasan dan memberikan informasi ke Bawaslu, serta sistem menerima laporan dari masyarakat secara langsung.

Anggota Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin mengatakan sistem pengawasan melalui aplikasi tersebut beranjak dari bawah. Guna mempermudah pihaknya mendapat informasi jika terjadi pelanggaran dan upaya mempercepat pengkajian tindak pidana yang ditemukan.

"Insya Allah untuk Pilkada Bangka Belitung tahun 2018 akan dicoba pengaplikasian aplikasi tersebut. Jadi, bisa digunakan secara maksimal saat Pilpres 2019," kata Mochammad Afifuddin.

Menurutnya, pemilih pemula merupakan segmen terbesar mereka karena angkanya mencapai 40%. Buat mendekati mereka dibutuhkan cara-cara milenial guna memantik kesadaran pentingnya hak pilih.

Termasuk komunitas dan pembuat aplikasi juga dijalin kerjasama dan mengajak mengawasi proses pemilu mendatang.

Seperti dilansir www.bawaslu.go.id diberitakan bahwa Bawaslu RI resmi meluncurkan Aplikasi Temukan Berbagai Pelanggaran Lapor Bawasl (tembang lawas) yang menjadi sistem pengaduan.

Aksesnya melalui situs www.tembanglawas.bawaslu.go.id. Bertujuan menciptakan iklim kondusif dan mendorong pelaporan terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian keuangan dan non keuangan serta merusak citra Bawaslu.

"Saya berharap masyarakat, bawaslu, panwaslu, pemerintah, dan sejumlah lembaga bisa bekerjasama menjaga proses pemilu dengan baik. Saya optimis karena Bangsa Indonesia telah melalui sejarah panjang dalam pemilu dengan sejumlah permasalah," harap Mochammad Afifuddin.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help