BangkaPos/

Mana yang Terbaik, Minum Sebelum Atau Selama Makan?

Nah buat kita yang tidak minum 30 menit sebelum makan, minum air putih selama makan justru disarankan.

Mana yang Terbaik, Minum Sebelum Atau Selama Makan?
cakrawalamedia.co.id
Minum air putih 

BANGKAPOS.COM--Sebenarnya, menurut collective-evolution.com tidak ada aturan baku mengenai aturan makan dan minum ini. Namun, melihat dari sistem pencernaan manusia, ada beberapa hal yang memang sebaiknya dihindari. Untuk itu, kita perlu dulu mengetahui bagaimana sistem pencernaan bekerja saat kita makan, 

1. Selama kita makan, mulut akan menghasilkan air liur yang mengandung enzim pencernaan untuk membantu memecah makanan sehingga proses pencernaan bisa sehat. 

2. Perut juga memiliki cairan lambung yang membantu pencernaan dan berperan penting dalam membunuh bakteri pada makanan. Cairan ini berperan penting karena membantu perut memecah dan menghancurkan makanan hingga menjadi bentuk yang bisa didorong ke usus kecil. 

3. Hati juga berperan penting pada karena bertugas mengambil nutrisi dari makanan. Dari situ, hati akan mendistribusikan nutrisi ke berbagai area tubuh. Hati juga menentukan nutrisi apa yang harus disimpan dan apa yang harus segera dimanfaatkan. Hati membutuhkan sejumlah air untuk berfungsi dan melakukan tugasnya dengan benar.

Baca: Atasi Siklus Menstruasi yang Kacau dengan Kayumanis, Bisa Banget!

Jadi Mana Yang Terbaik?

Seperti penjelasan di atas, belum ada penelitian yang menjelaskan dengan rinci efek minum sebelum dan saat makan pada tubuh.

Yang pasti, selama makan, kita tidak boleh minum terlalu banyak air. Air yang berlebih dapat mengganggu asam empedu dan asam lambung. Air yang berlebihan juga akan memperlambat proses pencernaan karena mengurangi kemampuan tubuh menghasilkan enzim pencernaan. 

Selain air putih, minum minuman beralkohol atau bersoda selama makan juga sebaiknya dihindari. Kedua jenis minuman ini cenderung mengeringkan air liur sehingga membuat makanan lebih sulit untuk dicerna. 

Minum 30 menit sebelum makan dikatakan baik karena akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga pencernaan juga bisa optimal. Bagi hati, ini juga penting karena hidrasi tubuh dapat membantu kinerja hati yang optimal.

Nah buat kita yang tidak minum 30 menit sebelum makan, minum air putih selama makan justru disarankan. Itu karena makan saat dehidrasi bisa menyebabkan tubuh kesulitan mencerna makanan.

Tips Tambahan

Mengunyah makanan dengan baik akan membuat kita lebih sedikit membutuhkan minum selama makan. Hal tersebut terjadi karena proses mengunyah akan menghasilkan enzim air liur. Selain itu, makanan yang telah halus juga lebih mudah melewati tenggorokan sehingga kita tidak butuh air untuk mendorongnya. 

Jika ingin mencoba, cobalah minum 30 menit sesudah dan setelah makan, dan jangan minum selama makan. Jika cocok pada tubuh, boleh diteruskan. Jika tidak kembalilah pada pola minum seperti biasanya.

Ingatlah, yang paling penting adalah tetap terhidrasi selama makan. Jadi apakah kita membutuhkan air selama makan, jawabannya ada pada diri kita masing-masing. 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help