Desa Bukit Layang Berminat Kembangkan Budidaya Udang Satang

Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka memiliki potensi untuk pengembangan budidaya udang satang atau udang galah.

Desa Bukit Layang Berminat Kembangkan Budidaya Udang Satang
bangkapos/edwardi
Udang satang atau udang galah lokal hasil tangkapan di Sungai Aik Layang Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. edwardi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka memiliki potensi untuk pengembangan budidaya udang satang atau udang galah.

Pasalnya desa ini dialiri Sungai Aik Layang dan Trembesi yang selama ini merupakan tempat atau habitat udang satang (galah), dimana masyarakat setempat biasa mencari atau menangkap udang galah local.

Kades Bukit Layang, Andry mengatakan pemdes dan masyarakat saat ini berminat untuk mengembangkan budidaya udang satang (galah) local, karena saat ini dikhawatirkan habitatnya semakin sedikit, karena adanya pencemaran air sungai akibat penambangan dan lainnya.

“Saat ini kita  secara swadaya sudah mencoba  untuk membudidayakan udang satang ini, dengan memcari bibit udang dari sungai lalu dicoba dipelihara di kolam. Tujuan kita ingin melihat dulu apakah udang satang ini bisa hidup dan membesar di dalam kolam,” kata Andry.

Ditambahkannya, untuk merealiasaikan niat tersebut pemdes Bukit Layang berminat menjalin kerjsama dengan UPP Perikanan Budidaya dan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka untuk melakukan survey rona awal melihat potensi lahan di desa ini, apakah cocok untuk dikembangkan budidaya udang satang ini.

Pengurus UPP Perikanan Budidaya Kabupaten Bangka, Muhammad Rozi mengatakan berterima kasih kepada pak Kades Bukit Layang yang sudah mempercayakan pihaknya untuk melakukan survey potensi budidaya udang satang dan ikan air tawar di desa ini.

“Alhamdulillah saat ini UPP Perikanan Budidaya Bangka sudah memiliki alat berat ekscavator, mudah-mudahan dengan adanya alat berat ini bisa lebih mempermudah masyarakat untuk membuat kolam atau tambak agar bisa mengembangkan usaha budidaya ikan atau udang satang ini, kita siap melakukan kerjasama dengan pak kades untuk membantu merealisasikan niat baiknya ini, ” kata Rozi.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved