Sertifikat Halal Membuat Konsumen dan Pengusaha Tenang

Penerima manfaat sertifikat halal bukan hanya pemerintah dan LP-POM MUI, namun juga pengusaha unggas.

Sertifikat Halal Membuat Konsumen dan Pengusaha Tenang
Bangka Pos/edwardi
MUI Serahkan Sertifikat Halal ke Lima Rumah Potong Unggas di Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Plt Kepala Dinas Pangan Bangka, Rusmansyah mengatakan penerima manfaat sertifikat halal ini bukan hanya pemerintah dan LP-POM MUI, namun juga pengusaha unggas.

"Dengan adanya isu pangan halal ini, jadi punya sertifikat halal ini bisa masuk kemana saja, dan jadi bisa mengembangkan usahannya, dan hal itu bisa menjadi harapan kita dan sesuai dengan visi misi Bangka Bermartabat,” kata Rusmansyah, usai penyerahan sertifikat halal di kantor Bupati Bangka, Senin (11/12/2017).

Menurutnya untuk mendapatkan sertifikasi halal ini ada kriteria yang harus dilaksanakan dan bisa menjadi trend mark sehingga benar-benar diakui dan tidak menjadi ragu bagi konsumen untuk mengkonsumsi dagingnya, karena pemotongannya halal.

Rusmansyah menuturkan, adanya sertifikat halal bagi Rumah Potong Unggas merupakan prestasi Kabupaten Bangka dalam hal kepedulian pemerintah untuk kepentingan kemaslahatan umat.

 "Bersyukur langsung lima kita dapatnya, dan itu produk halal, dan bisa jadi momen penggerak dan pendorong bagi seluruh pengusaha di Kabupaten Bangka khususnya, untuk melakukan sertifikasi halal ini," ungkapnya.

Sementara itu, Deni penerima sertifikat halal dari MUI adalah Rumah Ptong Unggas Syar'I Barokah dari Kelurahan Kutopanji Belinyu mengakui adanya sertifikat halal dari MUI maka tidak sungkan lagi untuk melakukan pemotongan dan masyarakat juga tidak bertanya.

"Selama ini ada yang bertanya juga, namun dengan adanya sertifikasi halal dari MUI ini, alhamdullilah bagi kita, dengan difasilitasi Pemkab Bangka, memudahkan bagi pengusaha, selama ini bingung untuk mendapatkan jaminan halal, kadang ada yang kritis dan bertanya, bagaimana cara memotongnya, halal atau nggak,” imbuhnya.

Dilanjutkannya walaupun telah belajar benar secara syar'I, namun untuk membuktikan benar-benar dari MUI tidak bisa, tapi dengan adanya sertifikat halal ini membuat kita tenang.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangka yang telah membantu kami sehingga mendapatkan sertiifikasi halal," kata Deni.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help