Keasliaan Resep Tempo Dulu Tetap Jadi Pemenang

Makanan khas Bumi Serumpun Sebalai seperti Lempah Kuning dan Martabak Bangka Hok Lo Pan memiliki citarasa yang berkarakter

Keasliaan Resep Tempo Dulu Tetap Jadi Pemenang
ist
Pemenang lomba dalam event Bangka Belitung Food Festival 2017 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Makanan khas Bumi Serumpun Sebalai seperti Lempah Kuning dan Martabak Bangka Hok Lo Pan memiliki citarasa yang berkarakter. Lempah Kuning sebagai santapan lauk pauk memiliki rasa asam dan pedas sementara Hok Lo Pan yang biasa dinikmati sebagai cemilan memiliki rasa yang manis.

Ahli Gizi Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) Periani Manik menjelaskan lempah kuning ikan memiliki nilai gizi terbaik. Lempah kuning ikan yang dimasak dengan cara direbus tanpa minyak goreng yang mengandung lemak jenuh menjadikan lempah kuning ikan dapat disajikan untuk semua kalangan usia dan aman dikonsumsi bagi sesorang yang riwayat penyakit kolesterol, hipertensi dan diabetes.

"Dari bahan bakunya lempah kuning ikan banyak mengandung Omega 3, untuk anak-anak dapat bermanfaat bagi kecerdasan dan bagi orang dewasa dapat mempertajam daya ingat. Lempah kuning biasanya menggunakan nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi," jelas Periani Manik kepada Bangka Pos, Selasa (12/12).

Sementara Martabak Bangka Hok Lo Pan dibuat dari bahan dasar terigu, gula dan mentega mengandung gula dan karbohidrat sederhana. Pada sepotong Hok Lo Pan memiliki 300-400 kilo kalori sedangkan Lempah kuning ikan memiliki 90-120 kilo kalori (pada ikan seberat 100 gram).

"Hok Lo Pan lebih sarat lemak dan gula, karena mengandung kalori yang besar makan Hok Lo Pan sama dengan mengkonsumsi minuman manis dan kurma. Efeknya cepat sekali mengembalikan energi karena proses glukosa di dalam tubuh tidak perlu tahapan panjang. Sementara lempah kuning ikan tidak masalah disantap setiap hari, daging ikan paling aman dibanding daging lainnya," jelasnya.

Lempah kuning karya Rita Merlin
Lempah kuning toboali ikan libem  (Bangkapos/Ardhina Trisila Sakti)

Dua peserta Bangka Belitung Food Festival (BBFF), Rita Merlin (35) dan Mardianto (31) sama-sama menyabet juara 2 pada kategori lomba masak Lempah Kuning dan Martabak Hok Lo Pan. Tak begitu banyak rahasia masakan yang mereka simpan, namun keduanya sama-sama meraih kemenangan karena percaya diri menyajikan lempah kuning dan martabak hok lo pan versi lawas nan original.

Rita Merlin (35) bersama saudara iparnya Ernina (33) mewakili Warung Mama yang berlokasi di Jalan Kampung Melayu No.175 Bukit Merapen Pangkalpinang berhasil meraih hadiah senilai Rp.5 juta dan kompor listrik sebagai juara II di ajang BBFF. Keduanya menyajikan lempah kuning ikan yang sederhana dengan bahan baku Ikan Libem (Ikan Baronang).

Diakui Rita, dirinya menjadi satu-satunya peserta yang mengolah ikan libem sebagai bahan utama lempah kuning dari 60 peserta yang banyak memilih ikan seperti tenggiri, ikan bulat dan kakap.

Wanita yang gemar mengikuti ajang kompetisi ini tak menyangka lempah kuning ikan libem sederhana yang keseharian disajikannya di rumah terbukti unggul dari peserta lain.

Halaman
1234
Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help