Koptan Mekar Berharap Dapat Bantuan Mesin Pengiling Kapur dan Pengiling Padi

Kelompok Tani Mekar Kelurahan SinarJaya Jelutung mengharapkan adanya bantuan mesin pengiling kapur dan mesin pengiling padi.

Koptan Mekar Berharap Dapat Bantuan Mesin Pengiling Kapur dan Pengiling Padi
Bangka Pos / nurhayati
Anggota kelompok Tani Mekar kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Nunung 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kelompok Tani Mekar Kelurahan SinarJaya Jelutung mengharapkan adanya bantuan mesin pengiling kapur dan mesin pengiling padi.
Pasalnya untuk mengolah lahan bekas penambangan timah harus menggunakan kapur.

"Untuk meningkatkan produksi kami kekurangan kapur. Kami orang miskin belum mampu untuk mencukupi kapur ini dan pupuk. Untuk memotivasi yang lain kita perlu gilingan padi terus gilingan kapur kita akan bikin kapur sendiri nanti. Mohon bantuan gilingan untuk kapur dan gilingan padi," ungkap Nunung dari Kelompok Tani Mekar, Selasa (12/12/2017) kepada bangkapos.com saat panen bersama padi sawah di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung.

Diakuinya, memang hasil padi pada panen ketiga kali ini berkurang karena diserang hama wereng.

Menurut Nunung, luas lahan tanam ditambah secara bertahap tidak bisa sekaligus karena terbatas tenaga dan modal untuk menanam padi.

"Luasnya Insya Allah tahun yang akan datang sekitar tujuh hektar karena di sana akan dibuka lagi tiga hektar sawah yang lama, kita buka kembali," kata Nunung.

Sebelumnya kelompok tani mereka juga mendapatkan bantuan sapi dari Pemkab bangka sebanyak empat ekor yang berkembang biak menjadi tujuh ekor.

"Itu sebenarnya bukan bantuan sapi saya minta pupuk kandang tetapi tidak ada akhirnya dikasih bantuan sapi. Sapi itu sebagai mesin produksi kotorannya untuk pupuk. Awalnya ada empat ekor, satu jantan tiga betina. Alhamdulillah berkembang tujuh ekor sekarang," jelas Nunung.

Kelompok tani Mekar ini sebanyak 18 orang namun yang aktif mengelola sawah sebanyak tujuh orang. Sebagian ada petani ubi, jagung dan tanaman lainnya.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help