Magrizan Hibah Alat Sterilisator ke UPT PSC 119 Bangka

Anggota DPRD Bangka, Magrizan menghibahkan alat sterilisasi kepada UPT PSC 119 Kabupaten Bangka.

Magrizan Hibah Alat Sterilisator ke UPT PSC 119 Bangka
Bangka Pos / Nurhayati
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Magrizan menyerahkan alat sterilisator kepada Kepala PSC 119 Kabupaten Bangka Bayu Gustiansyah, Selasa (12/12/2017) di PSC 119 Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dari rasa keprihatinan melihat masih minimnya beberapa sarana medis di Pusat Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bangka mengerakan hati Anggota DPRD Kabupaten Bangka Magrizan untuk menghibahkan mesin sterilisator yang berguna untuk sterilisasi alat-alat kesehatan, kepada UPT PSC 119 Kabupaten Bangka.

Pasalnya mesin sterilisator ini sangat penting bagi PSC 119 karena selama ini untuk mensterilkan alat-alat kesehatan menggunakan cara manual dengan direbus air panas.

Mesin sterilisator ini diserahkan langsung oleh Magrizan kepada Kepala PSC 119 Kabupaten Budi Gustiansyah di PSC 119 Kabupaten Bangka, Selasa (12/12/2017).

"Kami bisa memberikan sedikit bantuan kepada UPT PSC 119 Kabupaten Bangka berupa alat sterilisator dimana menurut hemat kami alat ini sangat membantu untuk kelancaran tugas teman-teman di PSC dalam hal mensterilkan alat medis yang digunakan berulang kali yang digunakan kawan-kawan di lapangan," ungkap Magrizan 

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bangka yang membidangi kesehatan ini, memilih menghibahkan alat sterilisator karena sering berkunjung ke PSC 119 baik saat melaksanakan tugas sebagai anggota dewan maupun sebagai masyarakat. Dari hasil kunjungan tersebut, ia melihat UPT PSC masih menggunakan cara konvensional untuk mensterilkan alat-alat medis.

Sterilisasi alat medis ini merupakan suatu tindakan untuk membunuh kuman patogen dan apatogen beserta suaranya pada peralatan perawatan dan kedokteran dengan cara merebus stoom, tinggi atau menggunakan bahan kimia.

"Untuk yang kami hibahkan saat ini adalah sterilisator dengan menggunakan panas tinggi. Jadi di sini bisa digunakan untuk bahan yang tahan panas seperti logam atau stenlis dan juga untuk alat-alat yang tidak tahan panas seperti karet atau plastik," jelas Magrizan.

Ditegaskannya, bahwa niat menghibahkan mesin sterilisator ini semata-mata demi membantu kelancaran tugas para petugas PSC agar bisa membantu masyarakat mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang baik.

"Untuk tahap pertama mungkin ini yang hanya bisa kami berikan. Insya Allah mudah-mudahan menjadi berkah dan untuk kedepannya ada perhatian dari masyarakat lain untuk turut serta dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Bangka," harap Magrizan.

Dia menilai kinerja PCS 119 Kabupaten Bangka sudah skala nasional dengan berbagai prestasi. Bahkan beberapa daerah lain sudah belajar ke PSC seperti dari Kabupaten Bekasi, Kabupaten Simelu Aceh, Kakorlantas Polri, Kabupaten Bogor, OKU Timur, Belitung dan daerah lainnya.

Magrizan berharap SKPD terkait bisa memberikan perhatian lebih terutama dalam hal kelengkapan peralatan untuk menunjang kinerja PSC. Selain itu menurutnya dari segi bangunan PSC 119 Kabupaten Bangka karena sudah menjadi ikon atau brand dari Kabupaten Bangka maka perlu penataan dan melengkapi fasilitasnya.

"Saya juga mendengar tergantung keuangan daerah akan dibangun gedung baru. Insya Allah bisa terealisasi yang informasinya akan dibangun di sekitar Kompleks Pemda Bangka. Kami yakin untuk kedepannya PSC 119 tidak hanya menangani kejadian gawat darurat tetapi bisa menjadi pusat central informasi untuk Kabupaten Bangka penanganan kegawatan darurat seperti, kecelakaan kebakaran, informasi yang link kepolisian masalah kejahatan dan lainnya," ucapnya.

Dia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Bangka telah memberikan perhatian kepada PSC 119 melalui organisasi perangkat daerah terkait seperti Dinas Kesehatan dan Bappeda. Namun dia berharap ada perhatian yang lebih dari Pemkab Bangka.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved