Rustamsyah Harap Warga bisa Manfaatkan Lahan Eks Tambang

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah bangga lahan eks penambangan dijadikan penanaman padi sawah.

Rustamsyah  Harap Warga bisa Manfaatkan  Lahan Eks Tambang
Bangka Pos / nurhayati
Kegiatan panen bersama padi sawah, Selasa (12/12/2017) di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Wakil Bupati Bangka Rustamsyah bangga kepada para petani di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung yang bisa memanfaatkan lahan eks penambangan untuk dijadikan areal penanaman padi sawah.

Dikatakan rustamsyah pihaknya selaku pemerintah terus berupaya menciptakan para petani yang tangguh tahan uji dan tahan mental.

 "Pertanian yang tangguh itu bisa terwujud dengan petani yang tangguh. Itu konsep utama dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Bangka ini," tegas Rustamsyah saat panen bersama padi sawah, Selasa (12/12/2017) di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung.

Berdasarkan data dari pihak PT Timah Tbk dan dinas pertambangan banyak sekali lahan-lahan bekas penambangan yang reklamasi dengan hanya ditanam pohon akasia tetapi kemudian setelah ditanam ditinggalkan.

"Betul ditanam tapi ditinggalkan. Itu sudah berlangsung sejak saya umur enam tahun, bayangkan umur saya 53 berarti sudah 40 tahun, tambang ditanam akasia kemudian ditinggal. Makanya kedepan bagaimana membuat lahan itu bisa dimanfaatkan untuk tanaman lainnya misal seperti nanas, pisang,  dan lainnya," kata Rustamsyah.

Kedepan lanjut Rustamsyah dia meminta bantuan yang diberikan PT Timah tidak hanya dalam bentuk instan atau pendek saja. Namun berupa bantuan berkelanjutan apakah membantu pupuk kepada kelompok tani.

Untuk itu ia berharap pembangunan pabrik pupuk organik hayati bisa yang dibangun oleh PT Timah Tbk dan juga perusahaan BUMN lainnya agar bisa mensuplai pupuk untuk para petani.

"Kita menghilangkan anggapan masyarakat Bangka ini adalah pulau kolong. Dosa siapa,dosa kita bersama. Dengan kita mengolah seperti ini ada kolong, ada sawah dapat bermanfaat. Jangan sampai kolong ini hanya untuk sarang nyamuk," ungkap Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bangka ini.

Dia juga mengingatkan agar Dinas Pertanian Kabupaten Bangka selektif dalam memberikan bantuan kepada para petani. Jangan sampai pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran hanya mengharapkan bantuan pemerintah.

"Program pertanian tangguh itu merupakan komitmen kami dan itu merupakan harga diri dari pemerintah Kabupaten Bangka untuk mewujudkannya dengan berbagai cara. Makanya kami minta kepada TNI bantulah kami, kepada LSM, provinsi dan berbagai stakeholeder yang berkepentingan sehingga bisa terwujud program-program yang menyangkut masalah pertanian ini." ucapnya.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help