BangkaPos/

Menguak Fakta-fakta Hubungan Rahasia Indonesia-Israel dari Era Soeharto hingga Jokowi

Walaupun Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, ternyata kedua negara pernah menjalin kerja sama yang bersifat rahasia

Menguak Fakta-fakta Hubungan Rahasia Indonesia-Israel dari Era Soeharto hingga Jokowi
AFP
Presiden Abdurrahman Wahid, Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri dan pemimpin Palestina Yasser Arafat dalam pertemuan di Istana Negara, 16 Agustus 2000. 

BANGKAPOS.COM--Walaupun Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, ternyata kedua negara pernah menjalin kerja sama yang bersifat rahasia dalam pengadaan pesawat tempur.

Di awal 1980-an, Indonesia membeli lebih dari 30 pesawat tempur Skyhawk dari Israel yang dilakukan secara rahasia melalui operasi Alpha.

Para pilot Indonesia juga dilatih di negara itu oleh instruktur Israel.

"Itu kerjasama intelijen yang sangat bagus, sampai semua orang tidak tahu," ungkap Letjen TNI (purnawirawan) Rais Abin, mantan Panglima pasukan perdamaian PBB di Timur Tengah, kepada BBC Indonesia, Senin (11/12).

Menurutnya, pengadaan pesawat tempur dari Israel itu sengaja 'ditutupi' karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

"Secara politik aneh kalau kita jual-beli dengan Israel," tandasnya.

"Sementara pesawat (yang dibutuhkan Indonesia) itu adanya di Israel."

Dia kemudian menjelaskan operasi intelijen itu dijalankan sangat rapi, termasuk mengelabui seolah-olah para pilot TNI-AU dilatih di AS dan bukan ke Israel.

"Di dalam negeri, kita tidak boleh bilang mereka ke Israel."

Operasi Alpha, sambungnya, saat itu tidak banyak diketahui karena 'kerjasama intelijennya yang sangat kokoh sehingga tidak bocor'.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help