Petani Lada di Basel Belum Tahu Program Resi Gudang

Imran Petani Lada asal Desa Gadung, Kecamatan Toboali belum mengetahui mengenai adanya program resi gudang yang digalakkan oleh pemprov

Petani Lada di Basel Belum Tahu Program Resi Gudang
bangkapos/riki
Petani Basel sedang memetik lada 

Laporan Wartawan Bangkapos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Imran Petani Lada asal Desa Gadung, Kecamatan Toboali belum mengetahui mengenai adanya program resi gudang yang digalakkan oleh pihak Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Sampai hari ini belum tahu, informasinya belum jelas, kami sebagai petani di sini informasi dan sosialisasinya belum tahu, berhembus di kalangan masyarakat juga tidak ada suaranya," jelas Imran kepada bangkapos.com, Rabu (13/12/2017).

Imran menyarankan sosialisasi dijalankan lewat pemerintah Desa atau melalui kelompok tani yang ada disetiap daerahnya.

"Seharusnya bisa melalui pemerintah desa atau kelompok tani, itu mungkin mudah menjangkau para petani, karena ketua Gapoktan memiliki anggotanya masing masing," lanjutnya.

Sementara ketika disinggung apakah ingin menyimpan lada di resi gudang, atau lebih baik menyimpan di gudang sendiri, Imran mengatakan sesuai kesepakatan nanti yang bisa dilakukan.

"Tergantung dari MoU nya bagaimana, kita melihat dipersulit atau tidak, karena masyarakat ini maunya simpel, kalau disuruh ke situ ke sini, susah juga, karena masyarakat beda-beda, sehingga kalau ada yang tidak mengerti masyarakat lebih memilih tidak, kami inginya prosesnya cepat dan mudah," lanjutnya.

Namun menurut Imran pada intinya dirinya mendukung setiap program yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah, tetapi harus sepenuhnya berpihak dan tidak menyulitkan masyarakat petani lada.

"Kita mendukung, karena program pemerintah itu untuk mensejahterakan rakyatnya, tetapi kalau programnya malah menambah sulit dan makin merosotnya harga, bukan malah menunjang dan membantu petani lada," tuturnya.

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved