BangkaPos/

Waspada Difteri, Penyakit Kuno Mengerikan yang Bangkit Lagi di Jaman Now

Penyakit satu kuno yang bangkit di jaman Now ini bahkan sudah memakan korban di beberapa daerah di Indonesia.

Waspada Difteri, Penyakit Kuno Mengerikan yang Bangkit Lagi di Jaman Now
GetDoc dan Study.com
Difteri 

BANGKAPOS.COM, PALEMBANG - Kasus difteri di Indonesia saat ini sedang viral dibahas di semua media, baik elektronik maupun media massa hingga Medsos.

Penyakit kuno yang bangkit di jaman Now ini bahkan sudah memakan korban di beberapa daerah di Indonesia.

Dilansir dari Wikepidia, Difteri adalah penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae.

Baca: Difteri Bukan Penyakit Baru, Sudah Ada Imunisasi tapi Kok Bisa Mewabah Lagi?

Difteri ialah penyakit yang mengerikan di mana masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah dunia yang belum berkembang.

Orang yang selamat dari penyakit ini menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal. Anak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat peka terhadap penyakit ini.

Kuman difteri disebarkan oleh menghirup cairan dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi, dari jari-jari atau handuk yang terkontaminasi, dan dari susu yang terkontaminasi penderita.

//

Baca: Penyakit Difteri yang Berbahaya Sedang Mewabah di Indonesia, Ini Penyebabnya

Gejala yang muncul ialah sakit tenggorokan, demam, sulit bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan sangat lemah. Kelenjar getah bening di leher membesar dan terasa sakit.

Lapisan (membran) tebal terbentuk menutupi belakang kerongkongan atau jika dibuangkan menutup saluran pernapasan dan menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help