Cegah Investasi Ilegal, Kini Sudah Ada Satgas Investasi di Babel

Setiap kali ada yang terlalu menarik kita harus curiga. To good to be True (terlalu baik kalau itu ada)

Cegah Investasi Ilegal, Kini Sudah Ada Satgas Investasi di Babel
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) regional 7 Sumbagsel launching dan pembekalan kerja satuan tugas waspada investasi di Provinsi kepulauan Bangka Belitung. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumbagsel, Kamis (14/12) di Hotel Novotel menggelar launching dan pembekalan kerja satuan tugas waspada investasi di Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Satgas investasi menggandeng berbagai elemen pemerintahan seperti penegak hukum dan regulator pemerintah di Babel.

Deputi Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementrian Daerah, terutama Kementrian Agama dan Kementrian Komunikasi dan Informasi. Selain itu pihaknya akan membuat group komunikasi guna mempermudah informasi mengecek status legal investasi.

"Setiap kali ada yang terlalu menarik kita harus curiga. To good to be True (terlalu baik kalau itu ada). Ada banyak investasi juga menggunakan tameng agama, when you talking about money (jika bicara soal uang) semuanya bisa menipu kita. Jangan mudah percaya juga bila diundang di hotel mewah," ujar Sarjito.

Berdasarkan ciri investasi ilegal yang diungkap OJK. Investasi ilegal biasanya berani memberi keuntungan 5-10 persen per bulan. Jumlah ini lebih besar dari yang pernah diberi oleh bank konvensional. Investasi ilegal mucul dengan modus koperasi, perbankan dan asuransi tanpa izin. Penipuan dan penggelapan pun kerap menggunakan tameng tokoh agama.

Diketahui korban investasi ilegal menyerat secara berjenjang bahkan tak jarang korban berasal dari kalangan tokoh ternama.

"Bisnis yang melawan hukum saja tidak bisa memberikan margin seperti itu. Investasi ilegal juga berpotensi menarik kaum muda mengingat ada banyak investasi yang ditawarkan melalui dunia maya dengan desain yang menarik," terangnya.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help