Mau Ayam Panggang Kering di Luar tapi Moist di Dalam? Yuk, Ikuti Tips Ini

Ayam panggang seperti apa yang paling enak? Ya, ayam panggang yang terasa kering di luar tapi moist di dalam

Mau Ayam Panggang Kering di Luar tapi Moist di Dalam? Yuk, Ikuti Tips Ini
sajian sedap
Ayam panggang kering di luar tapi moist di dalam 

BANGKAPOS.COM-- Ayam panggang seperti apa yang paling enak? Ya, ayam panggang yang terasa kering di luar tapi moist di dalam. Jadi, kulit ayamnya renyah, tapi bagian dagingnya masih juicy. Begini baru bisa dibilang ayam panggang yang maknyus!

Untuk mendapatkan ayam panggang seperti ini, kita harus tahu triknya. Soalnya, kalau asal dibuat, yang ada ayam panggang akan kering sampai ke dalam-dalamnya. Rasanya pun jadi kurang enak. Karena itu, pahami dulu tips di bawah ini supaya sukses membuat ayam panggang kering di luar tapi moist di dalam.

Api Tidak Boleh Terlalu Kecil

Saat memanggang, kita seringkali menggunakan api yang kecil. Tujuaanya supaya ayam bisa matang sampai ke dalam-dalamnya. Padahal, api yang terlalu kecil malah akan membuat ayam panggang jadi kering. Juice di dalam ayam sudah keburu menguap dan hilang.

Jadi, gunakan api yang sedang saja. Untuk waktunya, sesuaikan dengan besar ayam yang kita panggang. Untuk pemula, sebaiknya gunakan ayam berukuran kecil dulu supaya kemungkinan ayam tidak makan jadi berkurang. Setelah mulai menguasai teknik ayam panggang, baru kita bisa menggunakan ayam yang ukurannya lebih besar.

Panggang Ayam Sambil Diuapi

Ada juga jalan keluar lain supaya ayam panggang kering di luar tapi moist di dalam. Caranya, panggang ayam sambil diuapi. Dengan begitu, ayam panggang akan tetap moist walau dipanggang dalam waktu lama.

Caranya mudah. Ambil sebuah loyang yang cukup tinggi dan lebar. Beri air di dalam loyang. Di sisi lain, kita meletakkan ayam di atas rak. Lalu tempatkan rak tersebut di dalam loyang. Jadinya, ayam akan terus teruapi selama di panggang.

Kalau menggunakan oven dengan dua rak, caranya jadi lebih mudah. Letakkan loyang berisi air pada rak pertama, lalu letakkan ayam pada rak kedua. Tapi ingat, kalau oven kita kecil, ayam jangan sampai terlalu dekat dengan api atau sumber panas di atas oven. Hal ini perlu sekali diperhatikan.

Bagaimana? Sederhana kan cara membuat ayam panggang kering di luar tapi moist di dalam? Yuk, tiru juga di rumah supaya ayam panggang buatan kita selalu jadi favorit keluarga tercinta.

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help