Kerja dan Karya Dekranasda Kota Pangkalpinang

Dekranasda Pangkalpinang sebagai wadah pembinaan dan pengendalian anggota perajin dan pengusaha di bidang kerajinan

Kerja dan Karya Dekranasda Kota Pangkalpinang
Istimewa

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pangkalpinang selama masa 2014 sampai dengan 2017 sebagai wadah pembinaan dan pengendalian anggota perajin dan pengusaha yang bergerak di bidang kerajinan yang mampu bersaing di tingkat nasional.

Dengan misi Dekranasda Kota Pangkalpinang yaitu menggali dan mengembangkan potensi kerajinan daerah, seni dan budaya meningkatkan kemampuan usaha, meningkatkan kualitas produk dan desain produk dan memperluas jaringan pasar dalam dan luar negeri.

Adapun tujuan spesifiknya adalah menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa serta terbinanya penemuan dan penerapan teknologi demi peningkatan kualitas yang memperkokoh jati diri budaya bangsa, menumbuhkan kasadaran masyarakat atas pen­tingnya seni kerajinan dalam kehidupan yang bermartabat, mendorong semangat kewirausahaan kaum perajin dengan memperhatikan kepentingannya, membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas SDM dan membuka luas pasar kerajinan di dalam dan luar negeri.

Permasalahan perajin hingga saat ini masih pada keberadaan perajin dari waktu, lemah pada kualitas dan desain produk yang dihasilkan, produk yang dihasilkan kurang berdaya saing dan lemah permodalan, manajemen, teknologi dan pemasaran.

Upaya dalam pengembangan usaha kerajinan Dekranasda Kota Pang­kalpinang melakukan berbagai upaya antara lain : meningkatkan aksesibilitas KUKM perajin terhadap berbagai program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang dilaksanakan oleh berbagai instansi Pemerintah, melakukan jejaring/kemitraan dengan BUMN, perusahaan-perusahaan besar yang peduli terhadap pengembangan usaha kerajinan, mengembangkan model-model pengembangan usaha melalui sinergi pengembangan industri kreatif di daerah dan memperluas pelaksanaan pendidikan/capacity building.

Tahun 2017 merupakan tahun keempat masa bakti Dessy Ayu Trisna, SE, MM sebagai Ketua Dekranasda Kota Pangkalpi­nang. Upaya dan kerja yang telah dan akan dikerjakan tercantum dalam program kerja tahun 2017 dan tahun 2018 sebagai berikut :

Program Kerja yang telah dilaksanakan tahun 2017 “

1. Fasilitasi Kegiatan Pameran Dekranasda dalam mensukseskan MXGP 2017 tanggal 2-5 Maret 2017.
Dekranasda Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang memfasilitasi gratis 10 (sepuluh) tenda pameran untuk perajin IKM/UKM Kota Pangkalpinang untuk ikut serta dalam mensukseskan MXGP Pangkalpinang 2017.

2. Fasilitasi Kegiatan Dekranasda pada Galeri Dekranasda (Januari-Agustus 2017).

3. Kegiatan Fasilitasi Dekranasda Kota Pangkalpinang tahun 2017. Dibiayai melalui Perubahan Anggaran Pendapatan Daerah (P APBD) Kota Pangkalpinang Bidang Perindustrian, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan yang dilaksanakan pada Bulan September-Desember 2017 dengan rangkaian kegiatan:
a. Fasilitasi Keikutsertaan Dekranasda Kota Pangkalpinang pada Rakernas Dewan Kerajinan Nasional Pusat di Jakarta.
b. Kegiatan Fasilitasi Dekranasda Kota Pangkalpinang adalah kegiatan yang ditujukan untuk pengembangan dan pe­nguatan fasilitas kepada perajin di Kota Pangkalpinang dalam rangka mening­katkan daya saing dan promosi kerajinan unggulan daerah dan industri kreatif di Kota Pangkalpinang. Kegiatan Fasilitasi Dekranasda Kota Pangkalpinang.
c. Kunjungan Monitoring dan Evaluasi ke Perajin di Kota Pangkalpinang.
Upaya memberikan pembinaan kepada perajin dalam meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas produksi serta pemasaran.
d. Penguatan Pengembangan Kerajinan Daerah.
Kegiatan ini merupakan pelatihan dan pembinaan kepada 20 orang peserta yang bertujuan untuk men­daur ulang pada kegiatan pelatihan daur ulang d dan memanfaatkan koran bekas, mendecoupage hasil kerajinan dan pemanfaatan kain perca untuk dijadikan hasil kerajinan yang mempunyai nilai seni dan nilai jual.
e. Penguatan Pengembangan Kerajinan Unggulan Rajutan
Kegiatan ini berbentuk pelatihan yang lebih difokuskan untuk merebranding rajutan di Pangkalpinang, peserta adalah perajin rajutan yang telah menguasai teknik rajutan dengan baik untuk menciptakan produk produk baru pada bidang fashion, merchandise dan souvenir dengan peserta berjumlah 30 orang.
f. Temu Kerja dan Karya Perajin di Kota Pangkalpinang. Adalah sebuah perwujudan atas kerja dan karya perajin kerajinan dan industri kreatif di Kota Pangkalpinang de­ngan Agenda Kegiatan : Sosialisasi Temu Kerja (400 peserta), Fashion Show Batik Pangkalpi­nang dan Penandatanganan MoU dengan Peme­rintah dan Stakeholder terkait dalam pengembangan dan penguatan Kerajinan Unggulan dan Industri Kreatif di Kota Pangkalpinang.

4. Kerjasama kerja antara Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan Dekranasda Kota Pangkalpinang de­ngan Bank Nasional Daerah dalam pengelolaan Galeri Dekranasda Kota Pangkalpinang dan Rumah Kreatif BUMN. (adv/zky/may)

Rencana Program Kerja Tahun 2018

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2018 mengajukan Rencana Program Kerja melalui Bantuan Hibah Tahun 2018 kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang.
Adapun pengajuan program / kegiatan tahun 2018 adalah sebagai berikut
1. Meningkatkan inovasi dan kreativitas serta ketrampilan di bidang seni kerajinan.
2. Mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membina masyarakat perajin menjadi masyarakat produktif.
a. Kegiatan Fasilitasi Dekranasda Kota Pangkalpinang
Kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi Kegiatan Harian Dekranasda Kota Pangkalpinang termasuk di dalamnya Fasilitasi Kegiatan Rakor Dekranasda, Konsultasi dan kegiatan lainnya seperti pu­blikasi, fasilitasi kemasan, kunjungan study banding dan sharing ilmu yang dilaksanakan oleh Dekranasda Kota Pangkalpinang.
3. Meningkatkan kemampuan perajin di bidang produksi melalui pembinaan teknik produksi, peningkatan mutu dan desain produk serta manajemen produksi dan mendorong upaya pelestarian bahan baku.
a. Kegiatan Workshop Kerajinan Cual Pangkalpinang
Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan peluang baru bagi perajin pemula atau masyarakat Kota Pangkalpinang untuk belajar melatih diri dalam kegiatan workshop Kerajinan Cual di Kota Pangkalpinang. Workshop ini akan bekerja sama dengan Galeri Dekranasda Kota Pangkalpinang.
b. Pengembangan Kerajinan Batik Pangkalpinang
Adalah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan perajin Batik untuk mampu berdaya saing dari segi fashion berupa pelatihan desain batik dan desain fashion serta tersedianya Kemasan Batik Pangkalpinang.
4. Membina, meningkatkan, mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan.
a. Kegiatan Pameran Produk Kerajinan Pangkalpinang
Pameran produk kerajinan Pangkalpinang bertujuan untuk meningkatkan promosi dan daya saing kerajinan, budaya dan produk unggulan Pangkalpinang. Terdiri dari pameran lokal dan pameran luar daerah. Pameran Lokal adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengikut sertakan dan memfasilitasi pengrajin kerajinan Kota Pangkalpinang pada ajang pameran tingkat lokal guna meningkatkan promosi dan daya saing. Pameran Luar Daerah adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengikut sertakan dan memfasilitasi pengrajin kerajinan Kota Pangkalpinang pada ajang pameran di tingkat yang lebih luas guna meningkatkan promosi dan daya saing kerajinan, budaya dan produk unggulan.
5. Memfasilitasi perajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual berupa hak cipta, merek, paten dan desain.
6. Menciptakan kode etik keahlian dalam melaksanakan usaha di bidang kerajinan.
7. Melestarikan dan mengembangkan warisan sejarah budaya yang berkaitan dengan seni kerajinan sebagai bagian budaya bangsa.

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved