BangkaPos/
Home »

Video

Tahun Depan 3 Sekolah akan Ditunjuk Jadi Sekolah Model IPA

Pendidikan IPA yang dibina (P4TK) IPA Bandung rencananya tak hanya berbasis pada buku dan teori, namun mengedepankan pengalaman.

Tahun Depan 3 Sekolah akan Ditunjuk Jadi Sekolah Model IPA
LPMP
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi (LPMP) Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Pendidikan tandatangan MOU dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) IPA Bandung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi (LPMP) Kepulauan Bangka Belitung bersama Dinas Pendidikan resmi melakukan kerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) IPA Bandung, Jumat (15/12).

Kerjasama ini efektif akan dilaksanakan 2018 mendatang dengan menunjuk tiga sekolah di tiga kabupaten untuk menjadi sekolah piloting (model) tiga mata pelajaran IPA seperti Biologi, Kimia dan Fisika.

Kepala LPMP Bangka Belitung, Enang Ahmadi mengatakan sebanyak 112 sekolah di Bangka Belitung secara berjenjang harus memiliki branding sesuai potensi masing-masing.

Sesuai Kurikulum 13, dikatakan Enang Bangka Belitung yang memiliki sarana dan prasarana pendidikan nomor tiga di Indonesia belum dimanfaatkan maksimal terlebih K13 mengharuskan siswa kini harus memiliki literasi sains.

"Ke depan kami berharap agar ada jago sains dari Bangka Belitung ini. Ilmu sains melatih critical thinking (berfikir kritis). Ini juga mengajarkan kepada siswa bagaimana menelaah informasi, verifikasi dan validitasi" ujar Enang usai penandatanganan MOU di kompleks perkantoran Kantor Gubernur, LPMP Bangka Belitung.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, M.Soleh kondisi saat ini banyak pelajar yang memilih jurusan non sains. Padahal Bangka Belitung memiliki unsur saintek salah satunya seperti pertambangan.

Kepala Pusat Pengembangan, Pemberdayaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA, Sediyono menjelaskan teknis penerapan belajar IPA yang akan melibatkan kemitraan dengan pemerintah daerah (kota/kabupaten), komite sekolah dan orang tua.

Pendidikan IPA yang dibina (P4TK) IPA Bandung rencananya tak hanya berbasis pada buku dan teori, namun mengedepankan pengalaman.

"Babel hebat karena ada satu memorikal batu granit usia 300 juta tahun ada di sini (Babel). Dari lingkungan alam itu bisa jadi sumber belajar IPA. Semisal untuk praktek biologi komite sekolah akan berjejaring kerja sama dengan yang punya kebun dan praktek laut bebatuan bisa bekerjasama dengan kepala dinas," terang Sediyono.

Penulis: Dhina Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help