Sebenarnya Berapa, Sih, Batas Aman Jumlah Konsumsi Gula Setiap Hari?

The American Heart Association menyebutkan, wanita disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 20 gram atau setara 6 sendok teh gula setiap harinya

Sebenarnya Berapa, Sih, Batas Aman Jumlah Konsumsi Gula Setiap Hari?
grid.id
Gula pasir 

BANGKAPOS.COM--Gula memang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sepertinya kita tak bisa melewati hari tanpa mengonsumsi makanan yang manis. Gula juga menjadi bahan penting yang harus ada di dapur. Baik sebagai campuran untuk minuman, memasak, sampai membuat kue, gula pasti masuk di dalam daftar bahan.

Seperti yang kita tahu, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa mendatangkan penyakit serius, di antaranya diabetes dan obesitas. Tapi kita juga tidak BOLEH terlalu sedikit mengonsumsi gula. Hal ini akan menyebabkan rendahnya gula darah yang bisa membuat kita lemas, pingsan, atau bahkan kejang-kejang.

Jumlah Batasan Berbeda Antara Pria, Wanita, dan Anak-anak

The American Heart Association menyebutkan, wanita disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 20 gram atau setara  6 sendok teh gula setiap harinya. Sedangkan pria disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 36 gram atau setara 9 sendok teh gula.

Perbedaan ini terjadi karena pria dan wanita memiliki jumlah kebutuhan energi yang berbeda setiap harinya. Sumber energi untuk tubuh ini salah satunya didapat dari kandungan gula yang kita konsumsi. Jumlah ini dinilai sudah cukup untuk memenuhi energi pria dan wanita untuk beraktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan jumlah konsumsi gula pada anak? Apalagi, mengingat anak-anak jauh lebih tertarik pada makanan serba manis. Tapi perlu diingat, anak hanya BOLEH  mengonsumsi 12 gram atau tidak lebih dari 3 sendok teh gula setiap harinya.

Jumlah ini cukup agar anak tidak mengalami obesitas dini dan mencegah gigi mudah bolong akibat mengonsumsi makanan manis. Perlu diketahui pula, satu mangkuk sereal manis biasanya mengandung 3.75 sendok teh gula. Itulah sebabnya, sereal manis tidak terlalu disarankan dijadikan sebagai menu sarapan anak di pagi hari.

Cara Mengurangi Konsumsi Gula

Di sisi lain, tampaknya memang sulit untuk menolak makanan manis, apalagi jika kita penikmat kue, pudding, atau es krim. Namun coba ingat-ingat lagi bahaya yang mengintai jika terlalu banyak mengonsumsi gula.

Memang, tak perlu menghilangkan gula sama sekali di dalam kehidupan sehari-hari karena kita juga masih membutuhkan gula untuk sumber energi sehari-hari. Namun ada cara yang bisa kita lakukan, seperti berikut:

1. Secara perlahan, kurangi jumlah gula sebagai pemanis untuk minuman. Jika biasanya Anda menggunakan 3 sendok teh gula untuk 1 gelas teh atau kopi, mulai kurangi secara bertahap menjadi 2 sendok teh dan lakukan selama 1 atau 2 minggu. Kurangi hingga Anda hanya memerlukan 1 atau 1/2 sendok teh gula saja, atau malah tidak menggunakan gula sama sekali.

2. Tidak jarang kita sangat ingin minum minuman manis, meski sebelumnya sudah mengonsumsi makanan atau minuman manis sebelumnya. Hal ini dikarenakan rasa manis bisa membuat ketagihan. Solusinya, coba ganti dengan air putih saat keinginan itu muncul. Selain lebih sehat, tentu akan jauh lebih hemat.

3. Makan buah secara langsung dan hindari jus atau buah kalengan. Jus, khususnya jus dalam kemasan, menggunakan campuran gula yang sangat tinggi. Atau, jika ingin minum jus, buatlah jus sendiri agar lebih aman. Tentunya jangan gunakan gula sebagai tambahan dan biarkan rasa manis datang dari buah asli.

Nah, kini Anda bisa menghitung atau mengira-ngira sendiri jumlah atau takaran gula yang masuk ke dalam tubuh Anda, kan? Ingat, kesehatan tubuh datang dari kesadaran diri sendiri. Semoga bermanfaat, ya! 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help