Ketua Umum MUI Serukan Boikot Amerika

Hari ini kita akan membuat pernyataan sikap. Jika Trump tidak mau juga mencabut pernyataannya maka perang, usir dan boikot

Ketua Umum MUI Serukan Boikot Amerika
KOMPAS.com / DANI PRABOWO
Ketua MUI Maruf Amin. 

BANGKAPOS.COM--Massa yang berdemonstrasi sudah berkumpul sejak pukul 6 pagi tadi, Minggu (17/12).

Pada pukul 08.00 daerah Monas terlihat diguyur gerimis yang intens namun massa tetap semangat untuk berkumpul dan berdemonstrasi.

Diperkirakan terdapat lebih dari 1.000 demonstran yang berkumpul di bundaran Monas dan mereka akan bergerak menuju kedutaan besar Amerika.

Suasana massa aksi bela Palestina di kawasan Monas, Minggu (17/12/2017)
Suasana massa aksi bela Palestina di kawasan Monas, Minggu (17/12/2017) (Warta Kota/Yosia Margaretha)

Dalam aksi demonstrasi ini demonstran menuntut atas pernyataan presiden Amerika Serikat, Donald Trumph yang menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel.

Aksi yang disebut ‘Bela Palestina’ mereka menuntut bahwa Yerusalem adalah ibukota Palestina.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Maruf Amin dalam sambutan pembukaan Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta hari ini menyerukan dukungan pada Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Pada hari ini, beberapa orang perwakilan dari Aksi Bela Palestina akan menemui pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Para delegasi atau utusan ini akan membuat dan menyuarakan petisi dukungan untuk Palestina serta menuntut Donald Trump untuk mencabut pernyataannya tentang status Yerussalem.

KH. Maruf Amin dengan lantang menyerukan pemboikotan Amerika dan pengusiran duta besar mereka yang berada di Jakarta jika Trump tidak mencabut pernyataannya tersebut.

"Hari ini kita akan membuat pernyataan sikap. Jika Trump tidak mau juga mencabut pernyataannya maka perang, usir dan boikot. Boikot amerika!" seru KH. Maruf Amin.

Aksi bela Palestina yang diselenggarakan oleh MUI ini dihadiri oleh puluhan ribu massa dibawah 70 bendera ormas MUI.

Aksi ini dimulai dengan solat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal Jakarta dan dilanjutkan dengan orasi di Monas.

Hadir juga dalam aksi ini Ketua Pelaksana Harian PBNU KH. Marsudi Syuhud, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan beberapa petinggi lainnya.

Beberapa waktu lalu tepatnya pada Rabu (6/12) dunia dihebohkan dengan pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerussalem adalah ibukota Israel dan memerintahkan Departemen Luar Negeri AS untuk segera bersiap memindahkan Kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerussalem.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved