Dekranasda Kabupaten Bangka Barat Lestarikan Nilai-nilai Budaya Bangsa

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Barat adalah Mitra Kerja Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Dekranasda Kabupaten Bangka Barat Lestarikan Nilai-nilai Budaya Bangsa
Bangka Pos
Ibu-ibu pengurus Dekranasda Kabupaten Bangka Barat 

MUNTOK, BANGKA POS - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Barat adalah Mitra Kerja Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Dekranasda merupakan Kelompok Pencipta, Pecinta dan Peminat Seni Kerajinan dalam masyarakat yang mempunyai persamaan dan kehendak untuk mengembangkan seni produktivitas dan pemasaran kerajinan Daerah, sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Dekranasda Kabupaten Bangka Barat Periode 2017-2021 yang diketuai oleh Ibu Hj. Annisa Parhan mempunyai misi melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/promosi hasil kerajinan daerah.

Disamping itu Dekranasda juga lembaga yang dapat memberikan masukan pada Pemerintah tentang pentingnya pembinaan terhadap unsur-unsur kerajinan dan Industri Kecil Mandiri (IKM) serta pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bangka Barat ini.

Diharapkan adanya pembinaan dari semua Stakeholder untuk mewujudkan IKM kedepan lebih baik sehingga produk-produk kerajinan di Kabupaten Bangka Barat mempunyai daya saing baik di dalam maupun di luar negeri serta berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif, mengembangkan dan menggali potensi sumberdaya yang ada serta mampu meningkatkan penggunaan teknologi.

Pada Tahun 2017 ini Dekranasda Kabupaten Bangka Barat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah melakukan Pembinaan kepada Kelompok Perajin Resam yang ada di Desa Dendang Kabupaten Bangka Barat dan hasil kegiatan ini IKM Kerajinan Resam dapat meningkatkan Produktifitas, fasilitasi Pemasaran dan Mutu serta Desain Produk Kerajinan Resam.

Pada tanggal 26-30 April mengikuti Pameran INACRAFT 2017 yang dilaksanakan di Jakarta Covention Center dengan memfasilitasi Pemasaran Produk Kerajinan Unggulan yang ada diKabupaten Bangka Barat.

Pada tanggal 25-28 Oktober mengikuti Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kementerian Pertahanan Jakarta diikuti Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Barat Hj. Annisa Parhan.

Rapat kerja dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dekranas HJ. Mufidah Jusuf Kalla dan Ketua Harian Erni Tjahyo Kumolo, dengan Tema” Membangun Sinergi Kebijakan dan Program Dekranas dalam mewujudkan Daya Saaing Global.”

Acara dilanjutkan dengan meninjau ke lokasi Pelaksanaan Pameran Kriyanusa yang dilaksanakan diJakarta Covention Center.

Pada kegiatan ini Dekranasda Kabupaten Bangka Barat bersama dengan Dekranasda Kabupaten Kota Prov. Kep. Bangka Belitung ikut ambil bagian dalan acara Fashion Show memperkenalkan Kerajinan Tenun Cual Bangka Belitung.

Fashion show yang diikuti ini, diharapkan mampu memberikan nilai tersendiri bagi Babel dengan memperkenalkan Tenun Cual Babel kepada masyarakat luas dan dapat memberikan peluang bagi pengrajin yang ada di Babel memasuki pasar Nasional.

Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Barat bersama Pengurus adalah melakukan kegiatan Kunjungan kerja Ke Dekranasda Kota Depok pada Tanggal 28 November 2017.

Kegiatan ini disambut baik oleh Ketua Harian Dekranasda Kota Depok Dra. Kania Parwanti, M.Si.

Melalui kegiatan ini Pengurus Dekranasda Bangka Barat mendapat wawasan dan mampu bertukar informasi perihal pengembangan wirausaha yang ada di Kota Depok dan pola pembinaan yang dilakukan Dekranasda Kota Depok dari sisi pemasaran serta sarana dan prasarana yang sudah disediakan oleh Dekranasda Kota Depok itu sendiri. (adv/win)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved