Ini Cara Agar Sukses Membuat Kue Putri Salju

Saat dioven, suhu harus diatur supaya hasil kue tidak terlalu cokelat. Kue yang terlalu cokelat, ketika ditabur tidak lagi berwarna seputih salju

Ini Cara Agar Sukses Membuat Kue Putri Salju
sajian sedap
Kue putri salju 

BANGKAPOS.COM--Mari membuat kue putri salju di rumah. Mungkin bagi kita, membuat kue ini sulit, tapi ternyata tidak juga, lho. Secara umum, kue ini berbentuk bulan sabit lalu dibalut gula tabur seputih salju. Adonannya sendiri dibuat dengan tambahan kacang. Rasa kuenya tidak boleh renyah, tidak boleh keras, tetapi harus ngeprul.

Dalam perkembangannya, putri salju tidak selalu dibentuk bulan sabit. Bahkan pelapisnya pun tidak gula tabur putih. Orang mulai mengembangkannya dengan kalapa atau gula palem. Anehnya, namanya tetap putri salju.

Kue kering putri saljju ini dibuat dengan metode creamy cookies, yakni mentega atau margarin dikocok bersama gula sampai lembut lalu ditambahkan bahan lainnya. Di antara bahan lain itu selalu terdapat kacang sangrai/oven yang dihaluskan. Umumnya kacang yang digunakan kacang tanah atau kacang mede. Agar lebih menarik teksturnya, kacang almon pun bisa digunakan.

Setelah adonan jadi, kue kering ini dibentuk dengan tangan satu per satu. Kalau telaten, tiap kue bisa ditimbang agar besarnya sama. Umumnya sekitar 4-6 gram per buahnya.

Dibanding kue kering lain yang disendokkan, adonan putri salju sedikit lebih keras supaya bisa dibentuk tangan. Akan tetapi, ia tidak boleh terlalu keras supaya ketika dibentuk, adonan tidak patah. Adonan yang sudah diambil sejumput, dipulung agak panjang pipih lalu ditekuk membentuk bulan sabit (hampir setengah lingkar) dengan bagian ujung meruncing.

Pembentukan harus cepat karena tangan kita panas. Makin lama adonan dipegang-pegang, makin banyak mentega yang leleh sehingga kue menjadi keras.

Saat dioven, suhu harus diatur supaya hasil kue tidak terlalu cokelat. Kue yang terlalu cokelat, ketika ditabur tidak lagi berwarna seputih salju. Apabila telah masak, tabur putri selagi kue panas supaya gula menempel di kue kering.

Nah, itulah tips yang bisa diikuti agar Anda sukses membuat kue putri salju sendiri di rumah. Agar lebih menarik, variasi bisa diciptakan dengan mengganti/menambahkan kelapa kering, havermut, atau cornflake yang dihaluskan, mengganti gula tabur putih dengan gula palem, dan mengganti bentuk bulan sabit dengan bentuk yang lurus. Mudah, bukan? Yuk, ikuti aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved